<strong>MES dan Siberkreasi Ajak Masyarakat Jatim Melek Keamanan Digital</strong>

MES dan Siberkreasi Ajak Masyarakat Jatim Melek Keamanan Digital

Seiring masifnya aktivitas digital masyarakat, risiko kejahatan di dunia digital seperti peretasan, pengelabuan, dan berbagai bentuk ancaman kejahatan siber lainnya juga terus berkembang. Menjawab keresahan tersebut, dalam rangkaian Jatim Halal Fest (JHF) 2023, MES bekerja sama Siberkreasi menyelenggarakan Talkshow Literasi Digital dengan tema “Menjaga Keamanan Digital” pada Jumat 17 Maret 2023 di Jatim Expo, Surabaya.

Hadir sebagai narasumber yaitu Koordinator Divisi Program Siberkreasi, Abdurrahman Hamas Nahdly. Dalam penyampaiannya, Hamas menjelaskan perihal risiko digital yang mengintai masyarakat, mulai dari risiko keamanan transaksi dan risiko keamanan data.

Hamas memperingatkan bahwa beberapa motif penipuan digital yang marak terjadi seperti catfishing (penggunaan identitas palsu), hacking, malware (virus perusak device), phishing, serta scam harus bisa dipahami oleh masyarakat agar keamanan digital bisa dicapai.

Berita terkait  Perkuat Ekosistem Halal, Program Korporatisasi Petani Resmi Diluncurkan

Hamas kemudian membagikan tips dan cara mengamankan perangkat digital yaitu memperkuat password perangkat, menggunakan antivirus resmi, dan membatasi akses aplikasi dari penyedia yang tidak terpercaya.

Selain itu, menurut Hamas, pengamanan identitas juga perlu dilakukan, mulai dari mengamankan data sensitif, menjaga privasi media sosial, selalu kritis dan verifikasi segala informasi yang mencurigakan.

Talkshow ini diikuti antusias oleh audiens yang berasal para pengunjung JHF, terdiri dari kalangan mahasiswa, pelajar, pekerja, serta masyarakat umum.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *