<strong>Roadshow Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah MES Tahun 2023 Resmi Dimulai</strong>

Roadshow Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah MES Tahun 2023 Resmi Dimulai

Rangkaian program Roadshow Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah resmi diselenggarakan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk tahun 2023. Peluncuran program ini dimulai dengan pelaksanaan Roadshow Multifinance Syariah Chapter I bekerja sama dengan MES Jawa Tengah dan Adira Finance Syariah serta didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan pada Rabu,15 Maret 2023 di Kota Semarang.

Mengusung tema “Multifinance Syariah: Nyaman Transaksinya, Aman Pembiayaannya”, agenda ini dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, pengusaha, akademisi, dan masyarakat umum.

Sekretaris I Pengurus Pusat MES, Iskandar Zulkarnain yang hadir dalam agenda tersebut mengatakan implementasi sistem ekonomi dan keuangan syariah memberikan keseimbangan antara aspek dunia dan akhirat bagi masyarakat. Ke depannya produk-produk di industri keuangan syariah dapat lebih inklusif dalam mendorong peran masyarakat yang lebih aktif dan produktif.

Berita terkait  Dewan Pakar MES Angkat Isu Wakaf di  World Islamic Economic and Finance Conference

Iskandar mengungkapkan bahwa program roadshow ekonomi dan keuangan syariah akan terus diselenggarakan selama tahun 2023. Pada tahun 2022, Iskandar mengatakan MES telah menyelenggarakan lebih dari 200 kegiatan yang fokus pada peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah.

Sementara itu, Direktur Pengembangan IKNB dan Inovasi Keuangan Digital OJK, Edi Setijawan menyampaikan industri keuangan syariah Indonesia memiliki tingkat resiliensi yang lebih baik dibandingkan konvensional pada kondisi krisis pandemi Covid-19.

Program Roadshow Multifinance Syariah menurut Edi dapat menjadi wadah yang inklusif bagi masyarakat untuk lebih cermat mengakses pembiayaan yang lebih aman dan tidak terpengaruh oleh penawaran Pinjol ilegal. Edi menegaskan bahwa masyarakat harus bisa mengelola keuangan dengan meningkatkan literasi diri melalui aksi yang nyata.

Berita terkait  MES Kalteng Rumuskan Tujuh Program Prioritas Tahun 2024

Adapun, Ketua I MES Jawa Tengah, Wahab Zaenuri berharap dengan adanya Roadshow Multifinance Syariah ini dapat mengembangkan ekonomi syariah yang ada di Jawa Tengah melalui penyediaan ekosistem keuangan yang menjalankan transaksi yang nyaman dan pembiayaan yang aman.

Roadshow Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah merupakan serangkaian program rutinan setiap tahun yang diselenggarakan oleh MES di bidang multifinance syariah, pasar modal syariah, dan asuransi syariah. Pada tahun 2023, ditargetkan program ini dapat terlaksana di 50 Kota di Indonesia. 

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *