<strong>Pertama di Indonesia, MES Kendal Resmikan Galeri Investasi Digital Syariah Berbasis Pesantren</strong>

Pertama di Indonesia, MES Kendal Resmikan Galeri Investasi Digital Syariah Berbasis Pesantren

Pengurus Daerah MES Kendal bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) didukung Phintraco Sekuritas meresmikan Galeri Investasi Digital Syariah (GIDS) pertama berbasis Pondok pesantren (Ponpes) pada Senin, 6 Maret 2023 di Ponpes Al-Mustofa Desa Pandes, Kendal. Peresmian GIDS juga dirangkai dengan agenda Seminar Nasional Investasi Syariah yang diikuti oleh lebih dari 80 santri Ponpes di sekitar Kendal.

Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia BEI, Risa E. Rustam mengatakan bahwa keberadaan GIDS tidak hanya sebagai tempat untuk berinvestasi melainkan juga sebagai sarana untuk meningkatkan literasi tentang investasi syariah. Terlebih di lingkungan Ponpes.

Mendukung pernyataan tersebut, Kepala Divisi Pasar Modal Syariah BEI, Irwan Abdalloh yang menjadi narasumber dalam kesempatan tersebut menyampaikan, ekosistem Ponpes yang diisi oleh kalangan santri dapat menjadi pendukung dalam pengembangan pasar modal syariah. Para santri, lanjut Irwan dapat melakukan investasi syariah tanpa meninggalkan kewajibannya untuk menuntut ilmu agama.

Berita terkait  MES Indramayu Komitmen Perkuat UMKM dan Yayasan Pendidikan Islam

Wakil Ketua Komite IKNB dan Pasar Modal Syariah PP MES ini menambahkan, investasi syariah terutama saham syariah dapat menjadi investasi jangka panjang bagi para santri. Setelah melakukan pembelian saham atau reksadana, para santri dapat melanjutkan aktivitas belajarnya tanpa harus melihat pergerakan sahamnya tiap waktu.

Adapun Ketua Umum MES Kendal, Irkham Fukhuludin mengatakan keberadaan GIDS ini bisa memberikan edukasi dan literasi tentang keuangan khususnya investasi syariah, agar masyarakat khususnya kalangan santri tahu dan paham betul seluk beluk investasi syariah.

Lebih lanjut pihaknya akan melakukan roadshow ke sejumlah pondok pesantren yang ada di Kendal untuk memberikan edukasi dan literasi investasi syariah dengan cakupan yang lebih luas.

Berita terkait  Kemenko Perekonomian Gandeng MES Selenggarakan Parade Ekonomi dan Bisnis Masyarakat Pesantren

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *