<strong>Memasuki Angkatan II, Program MAJMA MES Kalsel Beri Bantuan Modal Untuk UMKM</strong>

Memasuki Angkatan II, Program MAJMA MES Kalsel Beri Bantuan Modal Untuk UMKM

Menutup tahun 2022, Pengurus Wilayah MES Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menyelenggarakan program MAJMA (Masjid Jamaah Makmur) untuk angkatan II pada Kamis, 22 Desember 2022 bertempat di Masjid Ar-Rahman, Banjarmasin. Bekerja sama dengan Lazismu Ar-Rahim, Program MAJMA ini diselenggarakan bekerja sama memberikan modal usaha sebesar 10 juta rupiah dan aktivitas pendampingan yang dilakukan secara intensif.

Penyerahan modal usaha diberikan secara simbolis oleh Sekretaris Umum MES Kalsel, Rizky Fadhillah dengan disaksikan oleh Ketua Umum MES Kalsel, Mairijani dan perwakilan dari mitra-mitra strategis lainnya.

Mairijani menyampaikan dengan bantuan yang telah diberikan, para pelaku usaha diharapkan bisa terus mengembangkan usahanya sekaligus memberikan timbal balik yang positif bagi ekosistem masjid dengan cara meramaikan shalat berjamaah dan kajian-kajian pendukungnya.

Berita terkait  BI Catat Transaksi Pembelian Produk Halal di E-Commerce Naik 29,38% pada 2022

Dirinya menambahkan, para penerima manfaat dari program ini akan dilatih kedisiplinan terhadap pengelolaan keuangan melalui pemberian tabungan emas sebagai salah satu produk dari Pegadaian Syariah. Hal ini juga dapat berdampak terhadap peningkatan inklusi keuangan syariah di Kalsel.

Ketua Lazismu Ar Rahim, Luthfi Rahman mengapresiasi dan mendukung apa yang dilaksanakan oleh MES Kalsel, dan menyebut UMKM merupakan penggerak utama roda perekonomian masyarakat. Dirinya kemudian mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan peran spiritual dalam aktivitas ekonomi masyarakat melalui optimalisasi masjid.

Sementara itu, Sekretaris Umum MES Kalsel, Rizky Fadillah Menambahkan, komitmen MES Kalsel sangat kuat untuk mendukung dan berkontribusi dalam kemajuan UMKM Banua di Kalsel. Selain itu, peningkatan inklusi keuangan syariah juga terus didorong melalui penguatan kerja sama dengan lembaga keuangan salah satunya dengan Pegadaian Syariah melalui program tabungan emas.

Berita terkait  Resmi Dilantik, MES Barito Utara Siap Dorong Penguatan Usaha Halal Lokal

Dalam program MAJMA “Masjid Jamaah Makmur” Angkatan II ini, berbagai jenis usaha yang diberikan bantuan modal diantaranya, usaha olahan makanan, minuman, dan aneka jajanan lainnya. Selain bantuan modal, Program MAJMA juga memberikan program pendampingan dan pelatihan mulai dari metode pengemasan produk yang baik, teknik pemasaran, hingga aspek manajemen usaha, keuangan, serta digitalisasi.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *