<strong>Seminar MES Kalteng Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Ekonomi Syariah</strong>

Seminar MES Kalteng Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Ekonomi Syariah

Pengurus Wilayah MES Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama Pengurus Daerah MES Palangka Raya menyelenggarakan Seminar Edukasi Ekonomi Syariah dengan tema “Peluang Ekonomi Syariah dalam Memulihkan Ekonomi Masyarakat pada Kamis, 1 Desember 2022 di Aula Rumah Jabatan Walikota Palangka Raya.

Seminar ini menjadi sarana untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Kalteng dalam pengembangan ekonomi syariah. Adapun peserta yang mengikuti seminar ini antara lain, Pelaku UMKM, mahasiswa, organisasi keagamaan, organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan di Kota Palangka Raya.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutannya yang diwakili oleh Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM), Suhaemi mengatakan bahwa ekonomi dan keuangan syariah memiliki potensi yang sangat besar di Indonesia. Namun, dirinya menyayangkan, meski Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, hingga saat ini indeks literasi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia masih rendah,

Berita terkait  LP3H MES Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas UMKM Halal di Ternate

Lebih lanjut Suhaemi menyampaikan, Indeks literasi ekonomi syariah merupakan salah satu indikator yang menjadi indikator dari pemahaman masyarakat Indonesia terhadap ekonomi syariah, khususnya keuangan sosial syariah yaitu zakat, infaq, sedekah, dan wakaf.

Menurutnya, melalui edukasi dan sosialisasi ekonomi syariah secara masif, diharapkan indeks literasi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia dapat meningkat seiring dengan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Sementara itu, Ketua Umum MES Kalteng, Fahrizal Fitri dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk memberikan masukan yang konkret bagi para pengambil kebijakan, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat tentang ekonomi syariah.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat menguatkan semangat para pengurus wilayah dan pengurus daerah MES untuk terus berkarya dalam mengembangkan program ekonomi syariah di Kalimantan Tengah. Hal ini sebagai bagian dari ikhtiar untuk meningkatkan peran MES dalam setiap aktivitas pengembangan ekonomi syariah yang bermanfaat bagi masyarakat.

Berita terkait  MES Sulsel Gelar FGD Bahas Prospek Konversi Bank Syariah di Sulawesi Selatan

Penulis: Muhammad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *