Perkuat Dukungan Usaha Berbasis Masjid, MES Kalsel Luncurkan Program MAJMA

Perkuat Dukungan Usaha Berbasis Masjid, MES Kalsel Luncurkan Program MAJMA

Pengurus Wilayah MES Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerja sama dengan Pegadaian Syariah Cabang Banjarmasin menyerahkan bantuan kepada pelaku UMKM Banua (Tanah Banjar) pada Sabtu, 26 November 2022 di Plaza Sekolah Dasar Muhammadiyah 8 dan 10 Banjarmasin. Penyerahan tersebut dirangkai dengan peluncuran Program MAJMA “Masjid Jamaah Makmur” angkatan pertama.

Ketua Umum MES Kalsel, Mairijani menyampaikan, program MAJMA merupakan bentuk kepedulian dari MES Kalsel bersama Pegadaian Syariah untuk membangun ekosistem UMKM Banua yang kuat pasca pandemic Covid-19. Dirinya menambahkan, MAJMA menjadi program yang akan memberikan pendanaan dan pemberdayaan kepada pelaku usaha mikro dari kalangan jamaah masjid.

Lebih lanjut Mairijani menjelaskan, peserta program MAJMA akan diberdayakan melalui berbagai pelatihan yang inklusif seperti manajemen usaha, pengelolaan keuangan, serta digitalisasi pada aspek pemasaran. Selain itu, para peserta juga akan diberikan tabungan emas oleh pegadaian syariah sebagai sarana melatih para peserta untuk disiplin dalam menabung.

Berita terkait  Ketua Dewan Pembina PP MES, K.H. Ma’ruf Amin Resmikan Lembaga Shafiec UNU Yogyakarta

Pihaknya berharap, ketika tabungan telah berjalan selama satu tahun, tabungan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tambahan modal usaha. Mairijani menargetkan program MAJMA ini bisa memfasilitasi sebanyak 1000 UMKM dari berbagai jenis usaha secara bertahap.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Banjarmasin, Muhammad Taufiq memaparkan bahwa kerja sama Pegadaian Syariah dengan MES Kalsel merupakan upaya konkret untuk mendukung pengembangan UMKM di daerah. Program ini juga menjadi sarana edukasi kepada pelaku UMKM tentang pemanfaatan layanan pendanaan dari lembaga jasa keuangan syariah seperti Pegadaian Syariah.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *