<strong>MES Sudan dan MES Oman-Yaman Fasilitasi Pengusaha Sudan Hadiri Pameran Seni Kriya di Yogyakarta</strong>

MES Sudan dan MES Oman-Yaman Fasilitasi Pengusaha Sudan Hadiri Pameran Seni Kriya di Yogyakarta

Pengurus Wilayah Khusus MES Sudan dan MES Oman-Yaman didukung oleh KBRI Khartoum memfasilitasi kehadiran pengusaha asal Sudan dalam penyelenggaraan Seni Kriya Tourism, Trade, and Investment Exhibition and Business Match yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta pada 17 hingga 20 November 2022 di Jogja City Mall.

Pada kesempatan tersebut, para pebisnis Sudan telah mengikuti serangkaian kegiatan, termasuk mengunjungi stand pameran, business matching, aira fashion on the spot, kriya fun ground, Jogja kriya tour, dan kunjungan ke beberapa destinasi wisata sejarah di Yogyakarta. Para pebisnis Sudan sangat mengagumi hasil kriya para pelaku UMKM Indonesia yang dipamerkan, termasuk busana rancangan 80 desainer asal Indonesia dan berbagai kerajinan tangan lainnya.

Kehadiran pebisnis Sudan pada pameran disambut secara antusias oleh Pemda DI Yogyakarta dan juga para exhibitor. Selain pebisnis Sudan, sejumlah pebisnis mancanegara lainnya, termasuk Yaman dan Oman juga hadir pada pameran tersebut.

Berita terkait  Perkuat Rantai Nilai Halal Daerah, MES Balikpapan dan BI Balikpapan Selenggarakan Festival Gerbang Halal 2022

Demisioner Ketua Umum MES Sudan, Ida Nurjannah menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua Umum MES Oman-Yaman, Nabiel Abdul Karim Hayaze dan pengurus MES Oman-Yaman lainnya yang telah mendukung dan berkolaborasi dalam kegiatan ini. Pihaknya berkomitmen untuk terus menjalin sinergi dengan PWK MES Oman-Yaman dan Pebisnis lainnya.

Melalui partisipasi pebisnis tersebut, pihaknya berharap dapat mendorong peningkatan kerja sama khususnya di sektor industri ekonomi kreatif serta mampu memberikan kemanfaatan, terutama bagi para pengrajin dan pelaku UKM kedua negara.

Sementara itu, Nabiel Abdul Karim Hayaze dalam keterangan terpisah mengatakan bahwa pihaknya selama ini terus menjalin kerja sama dengan jaringan MES di dalam negeri untuk memfasilitasi berbagai produk halal Indonesia agar menembus ke pasar internasional, terutama ke negara-negara potensial seperti Oman, Yaman, dan negara-negara kawasan timur tengah lainnya.

Berita terkait  Gerakan Wakaf Hijau Sebagai Upaya Pulihkan Lahan Kritis di Indonesia

Nabiel kemudian mendorong agar seluruh jaringan kepengurusan MES, baik di dalam maupun luar negeri untuk saling kolaborasi dan menjalin sinergi dengan berbagai pihak utamanya KBRI dan para pengusaha-pengusaha di dalam dan luar negeri.

Nabiel menegaskan bahwa ke depannya MES Oman-Yaman akan terus berkolaborasi dengan MES luar negeri lainnya untuk memperluas jaringan kerja sama perdagangan yang strategis dengan negara-negara yang memiliki pasar potensial. 

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *