<strong>MES dan OJK Sepakati Kerja Sama Perkuat Hubungan Kelembagaan</strong>

MES dan OJK Sepakati Kerja Sama Perkuat Hubungan Kelembagaan

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait penguatan kerja sama hubungan kelembagaan dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional. Penandatanganan MoU dilakukan dalam acara Peringatan Hari Santri Nasional pada Senin, 31 Oktober 2022 di Masjid At Thohir, Depok, Jawa Barat.

Ketua Umum Pengurus Pusat MES, Erick Thohir mengatakan sebagai organisasi yang inklusif, MES menyadari bahwa dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah membutuhkan kerja sama dari berbagai mitra dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

“Sebagai langkah awal, Insyaallah pada hari ini dilakukan inisiasi penandatanganan MoU antara MES dengan sejumlah mitra, salah satunya dengan OJK” tutur Erick.

Erick menyampaikan, sebelumnya pada tanggal 22 Oktober 2022 lalu, MES bersama OJK telah menyelenggarakan kegiatan literasi dan inklusi keuangan syariah serentak di lima pondok pesantren berjudul Santri Cakap Literasi Keuangan Syariah (SAKINAH) dan peluncuran program Gerakan Santri Menabung. Pihaknya menilai pelaksanaan kegiatan tersebut berdampak besar bagi lingkungan masyarakat sekitar dalam hal pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Berita terkait  Koperasi MES Kota Bekasi Laksanakan RAT Ke-3

“Kegiatan tidak hanya berhenti pada tataran literasi tetapi juga inklusi yang ditandai dengan peluncuran Gerakan Santri Menabung, kerja sama program seperti ini juga diharapkan dapat terjalin pada program-program lainnya” tegas Erick.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar mengungkapkan OJK terus berupaya mendorong peningkatan literasi dan inklusi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah di tanah air. Namun demikian, OJK meyakini hal tersebut tidak dapat dilakukan secara parsial sehingga memerlukan kolaborasi dan sinergi yang dilakukan secara terintegrasi.

“Kami berharap hasil capaian konkret dari kerjasama yang baik ini dapat berimplikasi terhadap peningkatan literasi keuangan syariah untuk masyarakat kita dalam waktu dekat,” ungkap Mahendra dalam sambutannya dalam kesempatan tersebut.

Berita terkait  Bupati Sumedang Optimis MES Sumedang Bisa Jadi Penggerak Ekonomi Syariah Daerah

Sebagai upaya untuk meningkatkan literasi keuangan syariah OJK juga telah meluncurkan modul keuangan syariah tingkat dasar maupun modul tingkat menengah. Kedua modul ini sebagai upaya untuk melengkapi learning management system (LMS) edukasi keuangan.

Mahendra juga menjelaskan ekosistem dan penerimaan produk-produk keuangan syariah secara digital perlu dikembangkan lebih jauh lagi. Karena itu, OJK mengapresiasi berbagai kerja sama yang sudah terjalin antara MES dengan para pemangku kepentingan lainnya untuk membangun ekosistem dan produk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Sebelumnya program SAKINAH yang digelar oleh OJK dalam momentum peringatan hari santri kali ini berhasil mengajak lebih dari 20.000 santri untuk ikut berpartisipasi di mana sebanyak 2.604 santri diantaranya telah melakukan pembukaan rekening iB Simpanan Pelajar.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *