Dubes RI untuk Hongaria Sambut Baik Kehadiran MES Hongaria

Dubes RI untuk Hongaria Sambut Baik Kehadiran MES Hongaria

Pasca dibentuk pada agustus 2022 lalu, Pengurus Wilayah Khusus (PWK) MES Hongaria bergerak cepat menjalin komunikasi dan konsolidasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia Budapest pada Selasa, 20 September 2022 di Kantor KBRI Budapest, Hongaria.

Ketua Umum MES Hongaria, Hidayatullah bersama jajaran PWK MES Hongaria lainnya diterima langsung oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Hongaria, Abdurachman Hudiono Dimas Wahab dan Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya, Ifan Mahdiyat Sofiana.

Dalam pertemuan tersebut, Dimas Wahab menyambut baik kehadiran MES di Hongaria yang menurutnya akan sangat membantu dalam mendorong implementasi ekonomi syariah. Menurutnya ekonomi syariah yang bersifat inklusif dapat mendukung penguatan sektor UMKM.

Berita terkait  HUT RI, Momentum MES Kalteng Perkuat Sinergi

Dimas mengatakan bahwa Hongaria memiliki hubungan yang baik dengan Indonesia hingga saat ini. Dirinya mengungkapkan pemerintahan Hongaria di bawah Perdana Menteri Victor Orban senantiasa menjaga relasi politik, ekonomi, dan budaya dengan Indonesia. Oleh karena itu, Dimas berharap agar MES Hongaria dapat mengajak Pengurus Pusat MES untuk berkunjung ke Hongaria. Menurutnya Hongaria menyimpan banyak peluang investasi dan potensi kerja sama bilateral yang strategis untuk dimanfaatkan secara jangka Panjang.

Adapun Hidayatulloh, dalam kesempatan tersebut menyampaikan kepada Dubes bahwa kehadiran MES di Eropa Tengah salah satunya Hongaria merupakan inisiatif beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi doktor dan master. Perkumpulan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi syariah di tanah air dengan aktivitas riset, edukasi, dan publikasi yang dilakukan secara berkala. Hidayatulloh mengatakan, populasi penganut agama Islam di Hongaria makin meningkat jumlahnya seiring bertambahnya pelajar asing, pekerja dan imigran yang berdatangan setiap tahunnya. Hal tersebut membuat keberadaan produk halal dan pariwisata ramah muslim menjadi bahasan menarik karena memiliki potensi yang sangat besar. Kedepannya, MES Hongaria dapat menjadi fasilitator dan akselerator bagi masuknya produk halal asal Indonesia ke pasar Hongaria. 

Berita terkait  MES Luar Negeri Perkuat Sinergi dan Koordinasi  

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *