MES Kalteng Beri Pendampingan Sertifikasi Halal Pelaku UMKM

MES Kalteng Beri Pendampingan Sertifikasi Halal Pelaku UMKM

Pengurus Wilayah MES Kalimantan Tengah terus berupaya mempercepat proses sertifikasi produk halal bagi pelaku UMKM di daerah. Terbaru, MES Kalteng bekerja sama dengan Pusat Kajian Halal IAIN Palangka Raya memberikan pendampingan kepada puluhan pelaku UMKM untuk memperoleh sertifikasi produk halal gratis selama tiga hari yaitu 6-8 September 2022 di Pusat Kajian Halal IAIN Palangka Raya.

Sekretaris Umum MES Kalteng, Heru Hidayat mengatakan program pendampingan ini akan terus dilakukan agar kedepannya semua pelaku UMKM di wilayah “Tambun Bungai” ini termasuk di Kota Palangka Raya dapat tersertifikasi halal. Hal ini menjadi bagian dari upaya MES Kalteng untuk menguatkan positioning UMKM dalam menggerakan perekonomian daerah.

Berita terkait  Bendahara III PP MES Apresiasi Peran Ponpes Al Kautsar dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat

Heru melanjutkan bahwa sertifikat halal wajib dimiliki oleh pelaku UMKM agar produknya bisa dipasarkan secara luas untuk mendorong UMKM yang menghasilkan produk yang bersaing secara kompetitif dengan produk-produk halal sejenis dari daerah lain dan luar negeri.

Pihaknya menambahkan, saat ini MES bersama pemerintah serta lembaga lainnya terus berkolaborasi dan bersinergi untuk memfasilitasi para UMKM agar dapat memperoleh sertifikasi halal gratis bagi produk-produk yang telah dihasilkan.

Sebelumnya, MES Kalteng telah memfasilitasi 70 pelaku UMKM untuk mengikuti Public Hearing dan Temu Konsultasi Pendampingan PPH. Diharapkan serangkaian upaya yang dilakukan oleh MES Kalteng tersebut dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kapasitas dan kualitas produk halal dari para pelaku UMKM.

Berita terkait  MES Sudan Perkuat Kolaborasi dengan KBRI Khartoum

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *