Korwil MES Indonesia Tengah Jalin Koordinasi dengan MES Kalteng

Korwil MES Indonesia Tengah Jalin Koordinasi dengan MES Kalteng

Pengurus Wilayah MES Kalimantan Tengah (Kalteng) menerima kunjungan silaturrahim Koordinator Wilayah Indonesia Tengah Pengurus Pusat MES, Ahmad Rofiq pada Kamis, 8 September 2022 di Rumah Makan Pelangi I, Palangka Raya. Kunjungan Ahmad Rofiq diterima oleh Ketua Umum MES Kalteng, Fahrizal Fitri, Sekretaris Umum MES Kalteng, Heru Hidayat, serta jajaran pengurus MES Kalteng lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Rofiq mengapresiasi Pengurus Wilayah MES Kalteng yang secara konsisten aktif merealisasikan program kerja untuk memberikan kemanfaatan yang lebih luas kepada masyarakat. Ahmad Rofiq juga mendorong agar MES Kalteng dapat membangun dan memperkuat kerja sama dengan berbagai lembaga strategis lain seperti dengan Kemenpora terkait program pembinaan kewirausahaan di kalangan anak muda.

Berita terkait  Menkop Teten: Industri Halal Sumbang PDB US$3,8 Miliar

Lebih lanjut, Ahmad Rofiq juga menghimbau agar MES Kalteng dapat terus memberikan pendampingan secara berkala terhadap proses sertifikasi halal produk-produk UMKM di daerah. Menurutnya untuk menguatkan peran MES Kalteng dalam proses akselerasi sertifikasi halal, MES Kalteng dapat melakukan terobosan program seperti halal festival di tingkat wilayah untuk menggerakan produk-produk potensial UMKM.

Rofiq menambahkan, upaya digitalisasi juga perlu menjadi perhatian bersama untuk mengoptimalkan program-program yang implementatif di masyarakat. Program digitalisasi tersebut bisa berupa program digitalisasi ekonomi masjid dan pesantren.

Sementara itu, Fahrizal Fitri menyampaikan bahwa MES Kalteng terus berkomitmen untuk terus memberikan pendampingan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM. Saat ini, MES Kalteng juga tengah mendorong pembentukan 11 koperasi syariah serba usaha dan fasilitas perbelanjaan MES Mart di lingkungan masyarakat.

Berita terkait  MES Jatim dan MES Lumajang Gandeng IAIN Jember Selenggarakan Webinar Wakaf Tunai

Selain itu, program literasi dan inklusi keuangan syariah juga secara masif dilakukan secara berkala. Fahrizal juga menambahkan bahwa saat ini MES kalteng telah memperluas jaringan kepengurusan daerah MES di tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Kalteng.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *