Hadiri Kazan Global Youth Summit 2022 Rusia, Ketua II PP MES Sampaikan Pesan Perdamaian

Hadiri Kazan Global Youth Summit 2022 Rusia, Ketua II PP MES Sampaikan Pesan Perdamaian

Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Niam Sholeh, mewakili Menpora Zainudin Amali menghadiri Kazan Global Youth Summit 2022 edisi pertama pada 27-30 Agustus 2022 di kota Kazan, Republik Tatarstan, Rusia. Jajaran perwakilan dari Kemenpora mendapat kesempatan bertemu dengan berbagai Lembaga kepemudaan dari berbagai negara di dunia.

Dalam acara pembukaan Summit, Niam mendapat kesempatan untuk menyampaikan pidato di acara plenary session, bersama dengan Menteri Pemuda Kamerun Foutsou Monouna, Spesial Asisten Perdana Menteri Pakistan Urusan Kepemudaan, Shaza Fatima Khawaja dan Presiden Forum Pemuda Kerjasama Islam, Taha Ayhan.

Dalam pidatonya, Niam menyampaikan tentang peran kepemudaan dalam membangun harmoni dan kerjasama untuk perdamaian dunia. Niam kemudian mengapresiasi pertemuan Summit ini sebagai upaya meningkatkan kerjasama saling menguatkan antar negara Islam.

Berita terkait  Bupati Kebumen Siap Kembangkan Industri Halal Daerah

Menurutnya, Kazan Global Youth Summit merupakan acara penting untuk menunjukkan peran dunia Islam, khususnya peran strategis pemuda Islam dalam menyampaikan pesan perdamaian dan harmoni, di tengah situasi konflik di beberapa belahan dunia.

Lebih lanjut Ketua II PP MES ini menjelaskan komitmen Islam tentang perdamaian, di tengah realitas konflik di beberapa negara Islam. Dirinya menegaskan bahwa inti dari Islam adalah perdamaian yang memberi rasa aman dan damai bagi orang lain melalui lisan dan perbuatannya. Untuk itu perlu ada revitalisasi komitmen damai dan menjadi kesadaran kolektif oleh semua pihak, terutama pada anak muda muslim di seluruh dunia.

Ketua MES Tiongkok, Budy Sugandi selaku salah satu Co-chair Y20 Indonesia juga hadir dalam kesempatan tersebut sebagai bagian dari representative pemuda. Ada empat isu prioritas dibawa oleh Budy Sugandi yaitu, Youth Employment, Digital Transformation, Sustainable and Livable Planet, and Diversity and Inclusion. Harapannya rekomendasi Y20 menjadi solusi konkret bagi permasalahan yang dihadapi para pemuda di seluruh dunia.  

Berita terkait  MES Sulewesi Selatan Dorong Akselerasi Pengembangan Industri Halal di Daerah

Dalam agenda akbar tersebut, Asrorun Niam dan Budy Sugandi juga bertemu dengan Ketua Umum MES Rusia, Amy Maulana yang hadir sebagai peserta forum. Sebagai informasi, Kazan Global Youth Summit merupakan kegiatan kepemudaan akbar yang mengiringi terpilihnya Kazan sebagai OIC Youth Capital 2022, diikuti oleh 46 negara yang merupakan utusan dari unsur kementerian yang menangani kepemudaan dan unsur pemuda.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *