Wapres Resmikan Topping-Off Menara Syariah, Pusat Keuangan Syariah Pertama di Indonesia

Wapres Resmikan Topping-Off Menara Syariah, Pusat Keuangan Syariah Pertama di Indonesia

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan topping-off Menara Syariah pada Selasa, 23 Agustus 2022 di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang. Wapres Ma’ruf mengatakan, Menara Syariah akan menjadi pusat keuangan syariah pertama di Indonesia dan diharapkan dapat menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, bahkan lebih jauh, Menara Syariah ini akan didorong menjadi Islamic Finance Hub yang memainkan peran vital dalam industri keuangan syariah dunia.

Ia menegaskan, pengembangan industri jasa keuangan syariah bukan sekadar buah komitmen tinggi pemerintah dan dukungan regulator, tetapi juga partisipasi aktif pelaku industri dan kalangan dunia usaha.

Menurut Ma’ruf, pembangunan Menara Syariah adalah wujud nyata kontribusi kalangan dunia usaha untuk menyediakan infrastruktur berupa kawasan pusat keuangan syariah internasional. Oleh karena itu, Dirinya mengatakan pembangunan Menara Syariah ini dapat diselesaikan tepat waktu agar bisa segera difungsikan dengan baik, dan menjadi sentra aktivitas para pelaku industri keuangan syariah dan pelaku bisnis syariah lainnya.

Berita terkait  OJK dan MES Perluas Jangkauan Literasi Pasar Modal Syariah Hingga ke Turki

Ia menegaskan, menara ini kelak tidak hanya menjadi pusat koordinasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air, tetapi juga seluruh pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah.

Lebih lanjut Ma’ruf mengatakan, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), dan pemangku kepentingan lainnya harus memanfaatkan dan mengoptimalkan keberadaan Menara Syariah secara jangka panjang.

Ia melanjutkan, gedung perkantoran, fasilitas ritel, dan berbagai sarana yang tersedia di Menara Syariah dapat menjadi tempat bisnis, niaga, komersial bahkan rekreasi. Tentunya hal tersebut akan berimbas pada pembukaan lapangan kerja baru, meningkatkan iklim investasi, dan menggerakkan aktivitas industri halal, serta bisnis dan kewirausahaan syariah. 

Berita terkait  MES dan GoTo Jalin Kerja Sama Pengembangan Iklim Usaha di Sektor Industri Halal

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *