MES Kalsel Perkuat Peran dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Mikro Syariah Daerah

MES Kalsel Perkuat Peran dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Mikro Syariah Daerah

MES Kalimantan Selatan (Kalsel) menjalin kerja sama dengan Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Banjarmasin 4 dan Bank Kalsel Syariah terkait program sosial kemasyarakatan khususnya pada pemberdayaan usaha kecil mikro syariah dengan melibatkan peran Masjid. Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan MoU antara Ketua Umum MES Kalsel, Mairijani, Ketua PC Muhammadiyah Banjarmasin, Taufik Hidayat, dan Kepala Divisi Usaha Syariah Bank Kalsel, Muhammad pada Sabtu, 23 Juli 2022 di Masjid Al-Jihad, Banjarmasin.

Proses penandatanganan MoU disaksikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, KH. Haedar Nashir dan Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina. Dalam kesempatan tersebut, Haidar mengingatkan bahwa saat ini secara global, mayoritas negara tertinggal, korup, dan miskin masih didominasi oleh banyak negara berpenduduk mayoritas muslim

Berita terkait  Kolaborasi MES dan BPKH Selenggarakan Dialog Percepatan Ekosistem Sertifikasi Halal

Untuk itu dirinya menekankan agar semua pihak mengedepankan sikap khairu ummah sebagai bagian dari sarana untuk mewujudkan peradaban yang sesuai dengan nilai-nilai syariah.

Sementara itu, Walikota mengapresiasi inisiatif kerja sama yang dilakukan oleh PC Muhammadiyah Banjarmasin, Bank Kalsel, dan MES Kalsel untuk mengembangkan usaha syariah di Banjarmasin. Dirinya berharap MES Kalsel sebagai organisasi yang berisikan para profesional dan praktisi dapat menjadi agen pemberdayaan terhadap pelaku usaha mikro kecil daerah.

Adapun Ketua Umum MES Kalsel, Mairijani dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa kerja sama ini menjadi bagian dari upaya MES Kalsel untuk berperan lebih signifikan pada sektor riil melalui aktivitas pemberdayaan. Sebagai bentuk realisasi awal kerja sama ini, pada 6 Agustus mendatang, pihaknya akan menyelenggarakan pelatihan bagi para takmir masjid untuk nantinya menjadi individu yang turut membantu dalam memberikan pendampingan kepada pelaku usaha kecil yang ada di Banjarmasin. 

Berita terkait  8th MES Premiere Charity Golf Tournament 2023

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *