Perkuat Rantai Nilai Halal Daerah, MES Balikpapan dan BI Balikpapan Selenggarakan Festival Gerbang Halal 2022

Perkuat Rantai Nilai Halal Daerah, MES Balikpapan dan BI Balikpapan Selenggarakan Festival Gerbang Halal 2022

Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui penguatan rantai nilai halal, Bank Indonesia Balikpapan bekerjasama dengan MES Kota Balikpapan menggelar Festival Gerbang Halal dengan tema “UMKM Go Halal, Go Global, dan Sambut Ibu Kota Nusantara” pada hari Rabu, 20 Juli 2022 di Hotel Grand Senyiur

Agenda ini dibuka oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin mewakili Walikota Balikpapan sekaligus Ketua Umum MES Balikpapan, Rahmad Mas’ud. Dalam sambutannya Muhaimin menyampaikan bahwa Pemerintah Kota mengapresiasi dan menyambut baik atas penyelenggaraan Festival Gerbang Halal yang telah konsisten dilakukan setahun sekali.

Pihaknya menilai agenda ini sebagai salah satu upaya penguatan kerja sama dalam pemberdayaan ekonomi syariah melalui melalui penguatan halal value chain di kalangan UMKM dan pondok pesantren.

Berita terkait  Berdayakan Ekonomi Masjid, MES Sumsel Hadirkan MartBooth

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Bambang Setyo Pambudi menyampaikan bahwa dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi, keuangan syariah perlu menunjukkan kontribusi melalui peningkatan sektor – sektor unggulan dalam halal value chain.

Sektor unggulan halal value chain yang menjadi prioritas pengembangan di antaranya adalah sektor industri makanan halal, sektor industri fashion muslim, dan wakaf produktif sebagai alternatif sumber pembiayaan. Oleh karena itu, Bank Indonesia Balikpapan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Balikpapan, MES dan perbankan syariah menyelenggarakan Festival Gerbang Halal untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di daerah.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyerahkan sertifikasi halal kepada 15 UMKM binaan dalam rangka memperkuat ekosistem halal value chain. Dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama business matching usaha antara 6 pondok pesantren binaan BI Balikpapan dengan para pembeli potensial dengan total nilai transaksi Rp3,2 miliar dan business matching pembiayaan syariah untuk UMKM oleh Bank Syariah Indonesia, Bank Kaltimtara Syariah, dan Pegadaian Syariah senilai Rp2,4 miliar.

Berita terkait  Perkuat Daya Saing UMKM Kuliner Kauman, Workshop Peningkatan Kapasitas UMKM Syariah Batch II Resmi Digelar

Sebagai langkah nyata mendukung sektor wisata halal di Balikpapan yang merupakan beranda Ibu Kota Nusantara, BI Balikpapan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Balikpapan, KNEKS, dan MES juga meluncurkan zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (Zona KHAS) yang kedepannya diharapkan dapat menjadi pusat pembinaan dan pusat bisnis syariah di Kota Balikpapan.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *