MES Dorong Aksesibilitas KPBU Pada Pembangunan Infrastruktur di Ternate

MES Dorong Aksesibilitas KPBU Pada Pembangunan Infrastruktur di Ternate

Salah satu agenda dalam rangkaian dari forum Rapat Konsolidasi Wilayah (Rakoswil) MES se-Indonesia Timur adalah sosialisasi pemanfaatan dan aksesibilitas pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Sosialisasi ini dilakukan pada Sabtu, 23 Juli 2022 bertempat di Red Star and Function Hall Ternate.

Walikota Ternate, M. Tauhid Soleman yang hadir dalam agenda tersebut mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah menjalin kerja sama dengan Wika Gedung untuk pembangunan sejumlah infrastruktur di Kota Ternate, salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah.

Menurutnya, skema KPBU akan sangat efektif untuk menjawab keterbatasan kemampuan keuangan daerah. Dukungan pembiayaan KPBU yang datang dari  BUMN dalam hal ini Wika Gedung sangat membantu percepatan pembangunan di Kota Ternate. Kedepannya, Soleman juga ingin mendorong pengelolaan pendapatan daerah menggunakan skema bagi hasil yang sesuai dengan syariah.  

Berita terkait  MES dan OJK Sepakati Kerja Sama Perkuat Hubungan Kelembagaan

Sementara itu, Direktur Operasi I Wika Gedung, Bagus Tri Setyana menyebutkan, pihaknya sebagai BUMN yang bergerak di bidang konstruksi telah melakukan pembicaraan dengan Pemerintah Kota Ternate dan telah banyak melakukan proyek pembangunan di Indonesia.

Hal ini juga sejalan dengan Peraturan presiden nomor 38 tahun 2015 tentang kerjasama pemerintah dan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur, sehingga pihaknya akan berupaya untuk dapat membangun rumah sakit Kota Ternate dalam kurun waktu kurang dari dua tahun.

Adapun Koordinator Wilayah Indonesia Timur PP MES, Chairul Saleh Arif menjelaskan bahwa skema pembiayaan pembangunan KPBU ini adalah bentuk kerja sama yang sinergis antara pemerintah dan BUMN. Oleh karena itu, agenda ini menjadi sarana untuk mempertemukan Walikota Ternate sebagai pihak pemerintah dengan PT. Wika Gedung selaku bagian dari BUMN.

Berita terkait  Topidiksi MES Ajak Masyarakat Cerdas Kelola Bonus & THR

Menurut Chairul, skema KPBU ini akan direalisasikan dengan mengedepankan prinsip-prinsip syariah untuk menghasilkan kerja sama yang berasaskan pada keadilan untuk semua pihak.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Pj Bupati Pulau Morotai, M. Umar Ali, Kepala Bank Indonesia Maluku Utara, R. Eko Adi Irianto, Kepala Divisi Syariah LPDB KUMKM Toat Mucharif, perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Maluku Utara, Agus Riyanto, Branch manager BSI Ternate Muhammad Dzulfikor, serta para Perwakilan dari Pengurus Wilayah dan Daerah MES se-Indonesia Timur. 

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *