Libatkan Pelaku Industri Halal, Jogja Halal Festival Resmi Diluncurkan

Libatkan Pelaku Industri Halal, Jogja Halal Festival Resmi Diluncurkan

Jogja Halal Festival (JHF) #2 oleh Pengurus Wilayan MES DIY resmi diluncurkan pada Minggu, 3 Juli 2022 di Grand Rohan Jogja Hotel, Bantul, Yogyakarta. Penyelenggaraan JHF ini menjadi bagian dari upaya MES DIY dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional dengan melibatkan peran pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Dalam peluncuran JHF #2 ini, hadir memberikan sambutan mewakili Ketua Umum Pengurus Pusat MES yaitu, Ketua IV, Friderica Widyasari Dewi. Dalam sambutannya Friderica mengaku antusias dengan kembali diselenggarakannya JHF yang dapat mendorong geliat pertumbuhan ekonomi terutama dari kalangan UMKM di DIY.

Menurutnya pelaksanaan JHF #1 pada tahun 2018 telah menorehkan catatan positif dan capaian yang baik karena dapat menarik banyak pelaku usaha di sektor industri halal. Tercatat JHF #1 diikuti oleh 217 stan dari berbagai sektor usaha halal dengan pengunjung yang hadir mencapai 5.000 setiap harinya. Oleh karena itu, pelaksanaan JHF #2 ini diharapkan dapat kembali menjadi momentum untuk menguatkan peran pelaku usaha industri halal dalam perekonomian daerah.

Berita terkait  Resmi Dilantik, MES Pidie Komitmen Kembangkan Program Pemberdayaan Entrepreneur Syariah

Dirinya juga mendorong agar MES Jogja dapat menjadi pionir dan inspirator bagi MES di daerah lainnya untuk melaksanakan program serupa sehingga dampak MES dapat dirasakan secara lebih luas.

Sementara itu, Ketua Umum MES DIY Heroe Poerwadi dalam keterangan terpisah mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya agar kedepannya, JHF dapat menjadi agenda tahunan. Menurutnya JHF sangat berdampak signifikan karena melibatkan banyak pihak. Dirinya kemudian berharap JHF #2 ini dapat terlaksana dengan sukses, lancar, dan memberikan manfaat bagi pelaku usaha halal daerah.

JHF #2 ini akan diselenggarakan pada 3-6 November 2022 di Jogja Expo Centre dengan melibatkan 278 stan bagi pelaku usaha halal. Dalam pelaksanaan JHF kali ini, MES DIY didukung oleh Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) DIY, Halal Club Yogyakarta (HCY), Ikatan Saudagar Muslim Indonesia DIY, Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI), serta pemerintah daerah setempat.

Berita terkait  Ketua Dewan Pembina PP MES, K.H. Ma’ruf Amin Resmikan Lembaga Shafiec UNU Yogyakarta

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *