MES dan KBRI Kairo Perkuat Komitmen Kerja Sama Ekspor Produk Halal ke Mesir

MES dan KBRI Kairo Perkuat Komitmen Kerja Sama Ekspor Produk Halal ke Mesir

Pengurus Pusat (PP) MES menerima kunjungan silaturrahim dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo dan Pengurus Wilayah Khusus MES Mesir pada Senin, 13 Juni 2022 bertempat di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat. Silaturrahim tersebut membahas rencana sinergi program strategis kerja sama perdagangan internasional (ekspor produk halal) ke Mesir.

Jajaran KBRI Kairo yang dipimpin langsung Wakil Kepala Perwakilan (Wakeppri) Duta Besar RI Kairo, M. Aji Surya didampingi oleh Atase perdagangan Irman Adi Purwanto Moefthi, Dewan Pakar MES Mesir, Syamsu Alam Darwis, dan Ketua Umum MES Mesir, Tubagus Mansyur diterima oleh perwakilan PP MES yaitu Ketua Komite Ekspor Halal, Anwar Bashori yang juga merupakan tuan rumah dan Ketua Komite Hubungan dan Kerja Sama Internasional, Ronald Rulindo.

Aji Surya yang merupakan Dewan Pembina MES Mesir ini mengatakan bahwa diaspora Indonesia di Mesir yang meliputi mahasiswa, praktisi ekonomi, dan pekerja profesional, merupakan aset potensial untuk dapat menjadi duta-duta produk halal Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya senantiasa mendorong dan membina agar para putra-putri terbaik Indonesia ini dapat mengambil peran dalam peningkatan ekspor produk halal Indonesia di Mesir.

Sementara itu, Irman Adi Purwanto pun mengemukakan bahwa untuk mempercepat penetrasi akses pasar produk halal Indonesia hingga tingkat global, masing-masing pihak perlu dan harus mengambil peran dalam mendorong kualitas produk ekspor mulai dari hulu hingga hilir.

Hal ini didukung oleh Anwar Bashori yang kemudian menegaskan bahwa pengembangan ekspor produk halal membutuhkan sinergitas dan kolaborasi yang berkelanjutan. Hal tersebut harus didukung dengan memperhatikan secara detail mengenai aspek permintaan dan penawaran.

Bashori menambahkan bahwa aspek permintaan dapat diperkuat melalui akselerasi aktivitas promosi perdagangan, kesepakatan bisnis potensial, serta perluasan jaringan kerja sama perdagangan internasional. Sementara aspek penawaran dapat dikembangkan melalui pemetaan pelaku usaha syariah dan produk halal, pendampingan akses menuju go-digital, placemaking branding, akses pembiayaan, dan monitoring.

Adapun Tubagus Manshur menyampaikan saat ini banyak produk halal potensial yang memiliki permintaan tinggi di Mesir, di antaranya kopi, rempah-rempah, dan olahan makanan lainnya. Kedepannya, MES Mesir akan berupaya untuk memfasilitasi para importir potensial untuk dihubungkan dengan para eksportir produk halal di Indonesia. 

Silaturrahim yang berlangsung interaktif ini juga dihadiri oleh Sekretaris Komite Hubungan dan Kerja sama Internasional, Diana Yumanita, anggota Komite Ekspor Halal, Amalia Jayanti Abdullah dan Rahmi Mabrury, serta Direktur Eksekutif Kantor Sekretariat PP MES, Herry Aslam Wahid.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *