Resmi Dilantik, MES Pidie Komitmen Kembangkan Program Pemberdayaan Entrepreneur Syariah

Resmi Dilantik, MES Pidie Komitmen Kembangkan Program Pemberdayaan Entrepreneur Syariah

Ketua Umum Pengurus Wilayah MES Aceh, Aminullah Usman resmi melantik serta mengukuhkan Pengurus Daerah MES Kabupaten Pidie pada Selasa, 7 Juni 2022 bertempat di Oproom Sekretariat Daerah Kabupaten Pidie. Jajaran Pengurus Daerah MES Pidie dipimpin oleh Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud sebagai Ketua Umum dan Direktur Utama BPRS TDC Syariah Sigli, Fauzan selaku Sekretaris Umum.

Aminullah Usman dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa MES sebagai organisasi keumatan dan inklusif memegang peranan penting dalam mendorong penerapan sistem keuangan syariah di tengah masyarakat.

Bupati Banda Aceh ini mengatakan bahwa peran MES mencakup untuk pengembangan koperasi syariah dan Lembaga keuangan mikro syariah lainnya untuk berkontribusi pada penguatan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) syariah daerah. Hal tersebut menurutnya sebagai langkah konkret untuk memerangi praktik ribawai.

Dirinya mengaku bersyukur, hingga saat ini peran lembaga keuangan syariah sangat kuat. Hal ini dibuktikan dengan hanya tersisa 2 persen masyarakat yang masih berhubungan dengan rentenir, selebihnya lebih memilih pendanaan yang ditawarkan oleh Lembaga keuangan syariah.

Usman kemudian berpesan kepada segenap pengurus MES Pidie untuk berperan aktif dalam peningkatan SDM dan pengembangan UMKM yang ada di daerah. Selain itu yang lebih penting adalah dapat mendukung upaya peningkatan implementasi sistem ekonomi syariah di masyarakat.

Sementara itu, Fadhlullah menegaskan bahwa MES Pidie siap menjadi organisasi penggerak utama terhadap seluruh kegiatan ekonomi syariah di Kabupaten Pidie melalui sinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Fadhlullah pun mengatakan bahwa pihaknya bersama Pemkab akan menyiapkan blue print pengembangan ekonomi syariah di bumi “emping melinjo” tersebut. 

Fadhlullah menambahkan bahwa seiring dengan pemberlakuan Qanun LKS, maka keberadaan MES juga harus terus ada di tengah masyarakat Aceh untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian daerah secara syariah. Oleh karena itu pihaknya berkomitmen untuk segera merealisasikan program Enterpreneur Syariah melalui optimalisasi berbagai potensi sumber daya lokal.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor : Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *