Bersama Bupati Kendal, MES Kendal Percepat Proses Sertifikasi Halal UKM Lokal

Bersama Bupati Kendal, MES Kendal Percepat Proses Sertifikasi Halal UKM Lokal

Pengurus Daerah MES Kendal terus bersinergi dengan berbagai pihak dalam rangka memfasilitasi program sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Kendal. Terbaru, MES Kendal menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada lebih dari 50 pelaku UMKM pada Sabtu, 4 Juni 2022 bertempat di Aula Ponpes Al Musthofa Pandes Cepiring, Kendal. Bimtek ini merupakan langkah MES Kendal untuk bergerak aktif memberikan fasilitas, akses, dan pendampingan kepada pelaku UMKM lokal mengenai sertifikasi halal.

Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto yang hadir dalam Bimtek tersebut menyampaikan apresiasinya kepada MES Kendal karena telah menginisiasi program konkret dalam mendukung pengembangan UMKM di Kendal. Dico mengatakan bahwa sertifikasi halal bukan semata aspek legal semata, melainkan sebuah peluang bisnis karena berkaitan dengan standarisasi sebuah produk yang ditawarkan.

Dirinya menegaskan bahwa produk yang bersertifikasi halal sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim. Oleh karena itu, Bimtek sertifikasi halal ini merupakan langkah yang strategis dan konkrit terkait pengembangan bisnis UMKM local di Kendal.

Dico berharap, melalui program ini, para pelaku usaha dapat berkontribusi terhadap pembangunan perekonomian daerah sehingga dapat berdampak kepada bangsa dan negara. Menurutnya Bimtek ini selaras dengan visi pemerintah Kabupaten Kendal, yaitu pengembangan UMKM.

Sementara itu, Ketua Umum MES Kendal, Irkham Fukhuludin menjelaskan bahwa MES merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mengembangkan dan mempercepat penerapan sistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. MES Kendal sendiri dilantik oktober 2021.

Kehadiran MES di Kendal menjadi wadah yang inklusif dalam rangka merealisasikan komitmen bersama untuk mengembangkan ekonomi syariah terutama industri halal. Sebagai langkah konkret sebelumnya juga telah diinisiasi pembentukan Komunitas UKM Halal Kendal.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor : Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *