Resmi Dilantik, Dubes RI Ingin MES Rusia Promosikan Indonesia Sebagai Pusat Halal Dunia

Resmi Dilantik, Dubes RI Ingin MES Rusia Promosikan Indonesia Sebagai Pusat Halal Dunia

Pengurus Wilayah Khusus MES Rusia resmi dilantik pada Sabtu, 21 Mei 2022 waktu setempat. Hadir melantik mewakili Pengurus Pusat MES yaitu Sekretaris III, Moch. Bukhori Muslim. Pelantikan ini disaksikan secara langsung oleh Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Muhammad Sirajuddin Syamsuddin (Din Syamsuddin) dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia merangkap Belarusia, Jose Antonio Tavares. Acara pelantikan ini bertepatan dengan agenda Halal Expo Kazan Summit yang dilaksanakan di Kota Kazan Republik Tatarstan, Rusia.

Tavares dalam momen tersebut mengucapkan selamat kepada segenap pengurus MES Rusia yang telah resmi dilantik. Dirinya berharap MES Rusia dapat memperkuat kontribusi dalam mendorong Indonesia sebagai pusat halal dunia, salah satunya melalui aktivitas promosi industri halal dalam negeri yang dilakukan secara masif di Rusia.

Berita terkait  Hadiri Munas KA FoSSEI, Ini Harapan Sekjend MES

Sebelumnya Tavares yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina MES Rusia ini menyampaikan bahwa populasi Muslim di Rusia cukup besar setelah Kristen Ortodoks, bahkan ada beberapa negara bagian yang mayoritasnya Muslim, hal ini membuat kebutuhan terkait ketersediaan produk halal menjadi sangat tinggi. Tavares berharap hadirnya MES Rusia bisa menjadi jembatan untuk masuknya berbagai produk halal dari pengusaha Muslim di Indonesia.

Sementara itu, Bukhori Muslim menegaskan bahwa kerja sama Indonesia dengan Rusia sangat potensial, khususnya pada sektor industri halal. Negara-negara bagian di Rusia yang mayoritas muslim seperti Tatarstan memiliki keinginan kuat untuk mengembangkan ekonomi syariah. Oleh karena itu, Bukhori mendorong  agar MES Rusia dapat mengambil peran dalam usaha pengembangan industri halal salah satunya melalui akselerasi aktivitas ekspor produk UMKM halal dalam negeri ke Rusia.

Berita terkait  Menyambut Kemuliaan Bulan Ramadhan, MES Sulsel Salurkan Bantuan Sembako

Adapun Ketua Umum MES Rusia, Amy Maulana dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam proses pelantikan kali ini. Selain itu, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Bukhori Muslim, Din Syamsudin, serta Jose Tavares yang telah hadir pada pelantikan dan memohon dalam rangka merumuskan berbagai program kerja MES Rusia yang konkret dan implementatif ke depannya.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *