Bank Syariah Indonesia Resmi Buka Kantor Representatif di Dubai

Bank Syariah Indonesia Resmi Buka Kantor Representatif di Dubai

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) resmi membuka kantor representatif di Dubai, Uni Emirat Arab pada Jumat 13 Mei 2022. Berlokasi di Dubai International Financial Center (DIFC), kantor representatif BSI ini menandai ekspansi bank syariah terbesar di Indonesia tersebut di kancah global.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo yang hadir meresmikan mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah BSI karena berhasil menjadi bank pertama Indonesia yang membuka jaringan bisnis di negara Arab yang tergabung dalam Gulf Cooperation Council (GCC) dan telah memulai bisnis serta layanannya melalui kerja sama dengan korporasi-korporasi global.

Menurut Tiko, sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia sudah sepantasnya memiliki representative office bank syariah di kawasan Timur Tengah. Langkah tersebut menjadi katalisator utama bagi Indonesia untuk menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia.

Berita terkait  KBRI Cairo Bersama MES Mesir dan KPw BI Solo, Fasilitasi Promosi Produk Halal UMKM Solo di Mesir

Disisi lain, Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan representative Office BSI di Dubai merupakan milestone awal pengembangan jaringan internasional BSI ke masa yang akan datang. Dirinya menuturkan bahwa BSI sudah merencanakan untuk meng-upgrade lisensi presence di Dubai pasca Representative Office BSI diresmikan, sehingga kantor tersebut bisa menjadi full-branch.

Hery berharap, hadirnya BSI di Dubai semakin mendekatkan Indonesia dengan investor global sehingga perusahaan dapat berkontribusi lebih dalam mendukung program-program pemerintah, baik dalam pendanaan proyek-proyek infrastruktur dan pembangunan melalui penerbitan sukuk global maupun dukungan bagi pengembangan UMKM nasional.

Sementara itu, CEO of DIFC Authority Arif Amiri mengatakan bahwa DIFC adalah ‘rumah’ bagi banyak lembaga dan penasihat keuangan terkemuka di dunia. Dia menilai hadirnya representative office bank syariah terbesar di Indonesia merupakan kepercayaan besar dalam memperkuat kompetensi komunitas keuangan syariah global di DIFC.

Berita terkait  290 Takmir dari 137 Masjid Mengikuti Program Mawar Emas MES NTB

Peresmian kantor di Dubai ini merupakan peristiwa bersejarah karena menjadi jaringan pertama perbankan Indonesia di pusat keuangan syariah dunia, sekaligus sebagai realisasi program BUMN Go Global dan mewujudkan misi menjadi Top 10 Global Islamic Bank berdasarkan kapitalisasi pasar pada 2025.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *