MES Turki Siap Bersinergi dengan Komunitas Ekonomi Diaspora Indonesia (KEDI)

MES Turki Siap Bersinergi dengan Komunitas Ekonomi Diaspora Indonesia (KEDI)

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bersama dengan diaspora Indonesia di Turki pada Jumat, 08 April 2022 bertempat di Gedung KJRI Istanbul, Besiktas. Sebagai salah satu diaspora Indonesia, MES Turki turut hadir dalam FGD tersebut untuk menyampaikan gagasan-gagasan terkait aktivitas pengembangan ekonomi syariah dengan melibatkan para WNI di Turki.

Dalam kesempatan tersebut, Konsulat Jenderal RI, Imam Asy’ari menyampaikan bahwa langkah FGD ini untuk mengkonsolidasikan diaspora Indonesia di kawasan Marmara ke dalam satu wadah komunitas ekonomi. Menurutnya pembentukan komunitas ini dapat berimplikasi terhadap lahirnya berbagai langkah konkret dan program strategis untuk masa mendatang.

Selain itu, FGD ini juga dilakukan sebagai respon atas makin masifnya mobilitas dan aktivitas masyarakat Indonesia di Turki, sehingga dirasa perlu untuk melakukan diskusi terkait sejumlah kendala dan tantangan yang dihadapi oleh diaspora Indonesia terutama para wirausahawan.

Berita terkait  Dewan Ketahanan Nasional Libatkan MES Rumuskan Strategi Akselerasi Ekonomi Syariah untuk Ketahanan Perekonomian Nasional

Muhammad Taufiq Wakil Ketua Umum MES Turki yang hadir mewakili MES Turki, turut mengapresiasi langkah dan inisiasi KJRI Istanbul yang membentuk komunitas khusus terkait pengembangan potensi ekonomi. Dirinya menyatakan bahwa MES Turki akan berkomitmen untuk mengambil peran konkret dalam komunitas tersebut. Terlebih, pihaknya menilai keberadaan diaspora Indonesia di kawasan Marmara saat ini semakin beragam dan perlu diarahkan melalui kolaborasi aktif antar diaspora Indonesia yang ada di Turki.

Taufiq berharap, hadirnya komunitas ini dapat membuka jalinan kerja sama antara MES Turki dengan komunitas wirausahawan khususnya pada jalur yang bisa diintegrasikan melalui dukungan Pemerintah Indonesia. Hal ini dapat mengakselerasi perkembangan ekonomi umat melalui keterlibatan yang kolaboratif antara diaspora Indonesia di Turki dan Pemerintah Indonesia.

Berita terkait  Wabup Kebumen Apresiasi Program Literasi Pasar Modal Syariah   

Dalam FGD tersebut juga diperkenalkan sebuah program kreatif yaitu pasar senggol dan inkubator bisnis bagi diaspora Indonesia yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. 

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *