OJK dan MES Kota Malang Percepat Pengembangan Industri Halal Daerah

OJK dan MES Kota Malang Percepat Pengembangan Industri Halal Daerah

Kantor Otoritas Jasa Keuangan Malang bekerja sama dengan Pengurus Daerah MES Kota Malang menyelenggarakan sosialisasi produk dan layanan keuangan syariah sekaligus membuka pendaftaran sertifikasi halal gratis bagi pelaku UMKM pada Kamis, 31 Maret 2022.

Kepala kantor OJK Malang, Sugiarto Kasmuri, menjelaskan pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan literasi masyarakat terutama pelaku UMKM di daerah Malang Raya terkait produk keuangan syariah. Menurutnya, kegiatan ini dapat mendorong tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah yang masih rendah di Indonesia. Kegiatan ini juga sebagai wujud untuk menjawab berbagai tantangan dalam industri keuangan syariah, terutama terkait pengembangan produk layanan keuangan yang tersinkronisasi dengan penggunaan teknologi digital.

Berita terkait  Gerakan Wakaf Hijau Sebagai Upaya Pulihkan Lahan Kritis di Indonesia

Di samping itu Sugiarto juga menambahkan, sertifikasi halal juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk halal UMKM. Jaminan kehalalan produk UMKM menurutnya menjadi salah satu syarat untuk menembus pasar halal global serta memberikan rasa nyaman bagi konsumen.

Sementara itu dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Malang Suwadji mengapresiasi OJK dan MES Kota Malang yang telah merealisasikan kegiatan sosialisasi produk keuangan syariah dan fasilitasi sertifikasi halal bagi masyarakat, khususnya UMKM.

Adapun Ketua I MES Kota Malang, Lutfi Abdillah menyampaikan bahwa sertifikat halal menjadi unsur penting bagi Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim. Aktivitas konsumsi dan produksi suatu bahan pangan bagi seorang muslim tidak hanya sekedar untuk memenuhi rasa lapar, tetapi bentuk beribadah kepada yang maha kuasa.

Berita terkait  Resmi Dilantik, MES Pekalongan Siap Kolaborasi Pulihkan Ekonomi Daerah

Dihadiri oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana inklusif dalam memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai produk keuangan syariah, serta mengakselerasi proses sertifikasi halal di daerah Malang.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *