Bupati Kebumen Siap Kembangkan Industri Halal Daerah

Bupati Kebumen Siap Kembangkan Industri Halal Daerah

Pengurus Daerah MES Kebumen periode 1443-1446 H resmi dilantik pada Senin, 7 Maret 2022 bertempat di Pendopo Kabumian, Kebumen. Hadir melantik yaitu Nyata Nugraha selaku Ketua I Pengurus Wilayah MES Jawa Tengah.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto yang secara resmi menjadi Ketua Umum MES Kebumen mengatakan bahwa MES dapat menjadi penggerak kemajuan industri halal di Kebumen dengan mengoptimalisasi potensi pasar daerah yang dimiliki. Arif memandang, Kebumen dengan penduduk mayoritas muslim merupakan modal penting dalam mempercepat kemajuan ekonomi syariah.

Arif mendorong agar seluruh jajaran pengurus MES dapat bekerja secara aktif merumuskan rencana program kerja yang efektif, solutif, dan berdampak nyata bagi masyarakat. Menurutnya MES harus dapat menjembatani berbagai kepentingan, baik bagi para pengusaha muslim, maupun bagi masyarakat umum. Selain itu, Arif juga menegaskan bahwa MES harus ikut berperan menyukseskan program Kebumen International Expo yang akan diselenggarakan pada Juni mendatang.

Berita terkait  Ditetapkan, Label Halal Indonesia Berlaku Nasional

Adapun Nyata Nugraha dalam kesempatan tersebut menekankan bahwa implementasi ekonomi syariah tidak hanya terkait penjualan produk muslim, seperti busana muslim dan makanan, namun lebih dari itu, semua sektor usaha yang mengedepankan aspek kehalalan mulai dari hulu hingga hilir merupakan wujud nyata dari sistem ekonomi syariah.

Nyata berharap, MES Kebumen yang dipimpin langsung oleh Bupati Kebumen dapat mempercepat implementasi sistem ekonomi syariah di Kebumen melalui penguatan peran pelaku UMKM dan sektor-sektor potensial daerah lainnya.

Agenda pelantikan ini menjadi bagian dari Sharia Economic Expo: Halal Lifetsyle yang dimulai pada 5 dan 6 Maret 2022 bertempat di Auditorium IAINU Kebumen dengan serangkaian kegiatan yaitu seminar nasional yang dihadiri oleh Bendahara III PP MES Siti Ma’rifah dan Ketua I PW MES Jateng, Nyata Nugraha sebagai narasumber, Bazar UMKM yang diikuti oleh puluhan pelaku UMKM dan Lomba Islamic Fashion Show Halal Lifestyle yang dimeriahkan oleh para mahasiswa dan masyarakat umum. 

Berita terkait  Nilai Kapitalisasi Pasar Modal Indonesia 2022 Mencapai Rp9.500 Triliun

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *