Dukung Pengembangan UMKM, MES Surakarta Hadirkan Program Center of Service & Education (CSE)

Dukung Pengembangan UMKM, MES Surakarta Hadirkan Program Center of Service & Education (CSE)

Pengurus Daerah MES Surakarta bersama dengan FoSSEI Surakarta dan Mahasiswa KKN Institute Teknologi Bisnis (ITB) AAS Indonesia memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pelatihan foto produk UMKM Binaan BMT Dirgantara pada Sabtu, 12 Februari 2022 di bertempat Sekretariat MES Surakarta. Agenda ini merupakan tindak lanjut dari program Center of Service & Education (CSE) yang diinsiasi oleh MES Surakarta.

CSE merupakan program yang fokus pada pengembangan pelaku UMKM di Surakarta melalui pendampingan yang intensif berupa pelatihan bisnis, praktek foto produk, praktek membuat video pendek, jasa desain produk dan lain-lain.

Ketua Umum MES Surakarta Ibrahim Fatwa Wijaya menyatakan bahwa sebagai upaya ikut berkontribusi aktif dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia, terdapat empat strategi utama yang perlu diimplementasikan, yaitu penguatan UMKM, penguatan industri halal, penguatan keuangan syariah dan penguatan ekonomi digital.

Berita terkait  Rakerda MES Pekalongan Rumuskan Program Pengembangan Ekonomi Syariah Daerah

Diinsiasinya program CSE ini merupakan wujud dari langkah konkret MES Surakarta dalam mendukung pengembagan UMKM go digital. Ibrahim menjelaskan konsep dasar program CSE adalah sharing facilities. Pelaku UMKM yang tidak memiliki perlengkapan pendukung yang dapat menunjang aktivitas promosi, seperti kamera, dan aksesoris lainnya, difasilitasi oleh MES Surakarta dengan menghadirkan perlengkapan promosi tersebut secara gratis. Selain itu Program ini juga dilengkapi dengan  berbagai workshop yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha.

Sebelumnya para mahasiswa yang terlibat dalam program CSE ini diberi pelatihan berupa teori fotografi, praktek fotografi produk, dan materi lain yang berhubungan dengan UMKM Go Digital. Kemudian sebanyak 30 mahasiswa KKN yang dibagi menjadi 10 tim diterjunkan untuk membantu 10 UMKM binaan BMT Dirgantara yang dilakukan secara intensif selama kurang lebih 1,5 bulan.

Berita terkait  Guru Besar Universitas Siliwangi Kembali Pimpin MES Tasikmalaya

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *