Wakil Bupati Siak Dorong Implementasi Sistem Syariah dalam Aktivitas Bisnis Bumkam

Wakil Bupati Siak Dorong Implementasi Sistem Syariah dalam Aktivitas Bisnis Bumkam

Wakil Bupati Siak yang juga merupakan Ketua Umum MES Siak, Husni Merza membuka secara resmi rapat kerja regional FoSSEI Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) ke-16 pada Sabtu, 12 Februari 2022 bertempat di gedung Tengku Mahratu, Kecamatan Siak.

Dalam sambutannya, Husni mengatakan mengenai besarnya potensi keuangan syariah di kampung-kampung yang ada di kabupaten Siak dan salah satu strategi untuk mengoptimalkan potensinya adalah melalui Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam). Menurutnya, Bumkam yang ada di kampung-kampung harus diperkuat perannya terutama dalam pengembangan usaha yang konkret dan profitable.

Tidak kalah penting, Husni menegaskan terkait implementasi sistem syariah dalam pengelolaan Bumkam. Pihaknya pun tengah mengupayakan kebijakan yang dapat mempercepat implementasi sistem syariah dalam aktivitas bisnis dan operasional dari Bumkam yang ada di Siak, salah satunya dengan melakukan konversi pada sejumlah lembaga keuangan yang semula bersistem konvensional menuju ke syariah.

Berita terkait  Turut Cegah Penyebaran Hoax di Media Sosial, MES Lakukan Literasi Digital

Oleh karena itu, Husni mengajak segenap masyarakat, mulai dari para mahasiswa, akademisi hingga para pelaku usaha untuk mulai menjalin kemitraan yang strategis dengan lembaga keuangan syariah.

Kegiatan yang dirangkai dengan seminar nasional bertema “Peran Generasi Milenial dalam Menggunakan Digitalisasi Demi Pengoptimalan Ekonomi Syari’ah yang inklusif”  ini juga dihadiri oleh sejumlah akademisi dari Sekolah Tinggi Agama Islam Sultan Syarif Hasyim Siak, perwakilan dari Baznas, Bank Riau Kepri, dan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Siak, serta pengurus MUI Kabupaten Siak.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *