MES Jabar Apresiasi Terbitnya Pergub Ekonomi dan Keuangan Syariah

MES Jabar Apresiasi Terbitnya Pergub Ekonomi dan Keuangan Syariah

Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah resmi diterbitkan pada Senin, 3 Januari 2022 dan ditandatangani langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Terbitnya Pergub tersebut diapresiasi oleh Pengurus Wilayah MES Jawa Barat (Jabar) karena dinilai sebagai inovasi kebijakan yang dapat mempercepat perkembangan ekonomi dan keuangan syariah serta mendorong pengembangan usaha para pelaku UMKM di Jawa Barat.

Dalam keterangan terpisah pada Minggu, 14 Februari 2022, Ketua Umum MES Jabar Zaenal Aripin mengatakan bahwa Pergub ini menjadi bukti keseriusan Gubernur Ridwan Kamil dalam memahami apa yang dibutuhkan untuk mempercepat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Oleh karena itu langkah ini menjadi inovasi yang patut diapresiasi oleh masyarakat.

Berita terkait  MES Pakistan Adakan Pembekalan Perdana Ekonomi Syariah

Pihaknya meyakini Pergub ini dapat memperkuat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah melalui penguatan pada sektor usaha dan keuangan sehingga akan tercipta iklim perekonomian yang kompetitif dan terciptanya lapangan kerja secara masif di berbagai sektor ekonomi.

Zaenal mendorong agar Pergub ini dapat berfokus untuk mendukung beberapa sektor potensial industri halal seperti makanan dan minuman halal, pariwisata ramah muslim, moda dan busana muslim, media dan rekreasi halal serta obat dan kosmetik halal.

Selain itu, Zaenal juga berharap dukungan pemerintah terkait percepatan pemenuhan sertifikasi produk halal, pengembangan kemasan produk halal, promosi dan pemasaran serta pengembangan platform informasi produk halal yang terintegrasi. Hal itu menurutnya akan membantu para pelaku UMKM. Zaenal kemudian mengimbau agar Pergub ini segera disosialisasikan kepada masyarakat agar implementasinya dapat memberikan manfaat secara inklusif.

Berita terkait  Dukung Pengembangan UMKM, MES Surakarta Hadirkan Program Center of Service & Education (CSE)

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *