Kolaborasi MES dan BUMN Tumbuhkan Wirausaha Muda Syariah di Indonesia

Kolaborasi MES dan BUMN Tumbuhkan Wirausaha Muda Syariah di Indonesia

 ID Food bekerjasama dengan PT Bio Farma, MES dan didukung oleh PEBS FEB UI berkolaborasi menyelenggarakan Seminar Nasional Wirausaha Muda Syariah dengan tema “Pengembangan Ekonomi Syariah kepada Wirausaha Muda dalam Mendukung Keberlanjutan dan Kemandirian” pada Kamis, 3 Februari 2022 secara hybrid bertempat di Auditorium R. Soeria Atmadja FEB Universitas Indonesia.

Kegiatan ini menjadi sarana edukasi kepada generasi muda khususnya mahasiswa dan pelaku usaha startup di bidang kewirausahaan dan etika bisnis Syariah yang diharapkan dapat mendorong lahirnya lebih banyak wirausahawan muda syariah yang sukses, inovatif dan memiliki usaha yang berkelanjutan.

Seminar dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri BUMN RI, Pahala Nugraha Mansury selaku Wakil Menteri BUMN I sekaligus sebagai Ketua VI Pengurus Pusat MES.

Dalam sambutannya, Pahala menyatakan bahwa kekuatan wirausahawan merupakan sumber bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurunya, besarnya antusiasme dan minat mahasiswa serta generasi muda saat ini untuk menjadi wirausahawan dan mendirikan startup merupakan momentum positif yang penting.

Berita terkait  Kolaborasi MES dan BPKH Selenggarakan Dialog Percepatan Ekosistem Sertifikasi Halal

Di sisi lain, Pahala juga menjelaskan bahwa pengeluaran kebutuhan muslim global setiap tahunnya bisa mencapai USD 1,9 triliun. Menurutnya hal itu merupakan potensi ekonomi yang harus dimanfaatkan sebagai momentum menjadikan Indonesia sebagai produsen produk halal dunia melalui kehadiran para wirausaha muda.

Oleh karena itu, Pahala menegaskan bahwa Kementerian BUMN dengan perusahaan BUMN dan MES secara bersama-sama dan sistematis akan mendorong peningkatan jumlah populasi wirausahawan muda di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama ID Food Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa Seminar wirausaha muda syariah ini merupakan bagian dari implementasi kerja sama dan kolaborasi dalam rangka pemberdayaan ekonomi umat dan pengembangan ekosistem ekonomi syariah.

Beberapa program yang menjadi implementasi dari kerja sama ialah pengembangan wirausaha syariah pada startup, UMKM, dan ada juga pendampingan untuk sertifikasi halal dan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) kepada 55 UMKM terpilih, serta kompetisi untuk wirausaha muda syariah di DKI Jakarta dan Jawa Barat yang pemenangnya akan mendapat bantuan dalam pengurusan sertifikasi halal dan PIRT.

Berita terkait  Ratusan Menu Tradisional Meriahkan Festival Kuliner Halal Kampung Kauman Solo

Arief berharap dengan kolaborasi ini dapat mendapat mendukung upaya pengembangan dan membumikan ekonomi syariah sebagai sistem ekonomi berkeadilan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama terkait kolaborasi program pemberdayaan ekonomi umat dan pengembangan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia antara MES yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Iggi Achsien, ID Food oleh Direktur Utama Arief Prasetyo Adi dan Biofarma oleh Direktur Utama Honesty Basyir. Kerja sama ini akan ditindaklanjuti melalui program pengembangan wirausaha muda syariah yang diharapkan mendorong lahirnya lebih banyak wirausahawan muda syariah yang sukses, inovatif dan memiliki usaha yang berkelanjutan.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *