Jajaki Inovasi Digitalisasi Perbankan Syariah, MES dan Maybank Selenggarakan Maybank Shariah Paper Competition

Jajaki Inovasi Digitalisasi Perbankan Syariah, MES dan Maybank Selenggarakan Maybank Shariah Paper Competition

Memasuki era 5.0, proses digitalisasi aktivitas perbankan menjadi keharusan agar tetap adaptif di tengah pesatnya laju perkembangan teknologi informasi. Terlebih setelah OJK merilis Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan yang mendorong industri perbankan utamanya bank syariah untuk berupaya menghasilkan produk yang inovatif bagi masyarakat.

Menyadari hal tersebut, Unit Usaha Syariah Maybank Indonesia bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah berkolaborasi menggelar lomba karya tulis ilmiah Maybank Syariah Paper Competition dengan tema “Bank Syariah dan Tantangan di Era Digital”. Ajang kompetisi ini dihadirkan sebagai sarana untuk menjaring ide dan gagasan inovatif terkait pengembangan perbankan syariah Indonesia dalam menghadapi tantangan di era digital.

Maybank Syariah Paper Competition telah diselenggarakan sejak 1 Desember 2021 dengan total pendaftar yaitu 205 tim untuk kategori mahasiswa dan 266 orang untuk kategori umum. Dari 184 karya tulis yang lolos seleksi administrasi, terpilih sebanyak 20 karya tulis terbaik dari masing-masing kategori untuk mengikuti tahap seleksi presentasi.

Berita terkait  Dewan Pakar MES Dorong Pengembangan Sektor Pariwisata Ramah Muslim di Indonesia

Seleksi presentasi dinilai oleh enam orang juri yang berasal dari perwakilan Otoritas Jasa Keuangan, Unit Usaha Syariah Maybank Indonesia, dan MES.  Pengumuman pemenang Maybank Syariah Paper Competition dirangkai dengan agenda Shariah Webinar Series: “Kontribusi Perbankan Syariah dalam Memacu Pertumbuhan Perekonomian Nasional” yang diselenggarakan pada Kamis, 27 Januari 2022.

Komisaris Independen Maybank Indonesia Achjar Iljas yang hadir membuka acara tersebut mengatakan bahwa sejak awal Desember 2021, Maybank bersama dengan MES telah menghadirkan Maybank Shariah Paper Competition yang mengundang partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat yang concern terhadap industri perbankan syariah.

Menurutnya setiap peserta dalam ajang kompetisi ini dapat berperan sebagai solution finder untuk menjawab tantangan, peluang, serta strategi dalam menghadirkan inovasi untuk pengembangan perbankan syariah.

Berita terkait  Pengurus Daerah MES se-DKI Jakarta Kompak Wujudkan Jakarta Sebagai Pusat Literasi dan Digitalisasi Ekonomi Syariah

Dirinya berharap dari karya tulis yang dihasilkan oleh para peserta dapat memberikan implikasi positif berupa peningkatan inovasi, sinergi dan kolaborasi antar seluruh pemangku kepentingan dalam mendorong pengembangan perbankan syariah di Indonesia.

Adapun narasumber yang hadir dalam Shariah Webinar Series ini yaitu  Dewan Pimpinan Pusat ASBISINDO Pranata, Head of Shariah Banking Maybank Indonesia Romy Buchari, Pengurus Pusat MES, Handi Risza Idris, serta dipandu oleh Kindy Miftah. Diikuti oleh lebih dari 250 peserta, Shariah Webinar Series kolaborasi MES dan Maybank ini menjadi penutup dari serangkaian program Maybank Shariah Paper Competition yang memberikan hadiah kepada para pemenang lomba dengan nominal hingga 100 jutaan rupiah.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *