Hadiri Rakerwil, Sandiaga Uno Harap MES Jadi Lokomotif Kebangkitan Ekonomi Umat

Hadiri Rakerwil, Sandiaga Uno Harap MES Jadi Lokomotif Kebangkitan Ekonomi Umat

Pengurus Wilayah MES DKI Jakarta melaksanakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) tahun 2022 yang dirangkai dengan diskusi ekonomi syariah dan event bazaar UMKM Pasyar serta acara donor darah. Acara yang mengusung tema “Kesehatan Islami dan Digitalisasi Ekonomi Syariah Untuk Mewujudkan Jakarta Yang Tumbuh Berkesinambungan” ini berlangsung selama dua hari yaitu pada 29 dan 30 Januari 2022 bertempat di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Hadir dalam agenda tersebut yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Sekretaris Jenderal PP MES Iggi Achsien, Deputi Menteri Parekraf Rizki Handayani, dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Elisabeth Ratu Rante Alo serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Menteri Sandiaga Uno yang berkesempatan membuka acara menegaskan bahwa Masyarakat Ekonomi Syariah harus menjadi bagian dari lokomotif dalam kebangkitan ekonomi umat dengan terus berkolaborasi untuk menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

Berita terkait  Ditetapkan, Label Halal Indonesia Berlaku Nasional

Sandi juga mengapresiasi tema dalam Rakerwil ini yang menurutnya sangat up to date dan sesuai dengan fokus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan pariwisata berbasis kesehatan. Sandi berpesan bahwa kesehatan Islami harus bisa berperan menjadi pariwisata kesehatan (wellness) yang sangat menjanjikan bagi Jakarta

Senada dengan Sandi, Wagub Ariza juga berharap, rapat kerja ini bisa berjalan efektif dan dapat mendorong realisasi berbagai langkah inovatif demi peningkatan perekonomian, khususnya di Jakarta. Indonesia dengan predikat sebagai negara muslim terbesar dunia memaksimalkan pasar industri halal gloal dengan mendorong akselerasi, percepatan, pengembangan ekonomi, dan keuangan syariah sebagai sarana mempercepat pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Adapun Sekjend Pengurus Pusat MES, Iggi Achsien menyampaikan bahwa sektor kesehatan dan pemanfaatan teknologi digital menjadi dua hal penting dalam menguatkan perekonomian saat ini terutama pasca pandemic Covid-19. Laporan e-Conomy SEA menyebutkan ekonomi digital Indonesia mencapai USD44 miliar dan pada tahun 2025 diperkirakan mencapai USD124 miliar. Menurutnya nilai ini menyimpan banyak peluang yang dapat dimanfaatkan.

Berita terkait  MES Luncurkan Program Pengembangan Sektor Kuliner Halal Berbasis Ekosistem dan Kearifan Lokal di Kampung Kauman Solo

Oleh karena itu MES terutama MES DKI Jakarta yang memiliki jaringan pengusaha perlu terlibat aktif dalam berbagai upaya akseleratif dalam menggali dan mengoptimalkan peluang yang ada.

Menutup sambutannya, Iggi mengucapkan selamat atas pelaksanaan Rakerwil MES DKI Jakarta. Dirinya berharap Rakerwil ini dapat menghasilkan keputusan-keputusan terbaik bagi pengembangan ekonomi syariah.

Setelah pelaksanaan Rakerwil, acara dilanjutkan dengan diskusi tentang kesehatan Islami yang dihadiri oleh tiga narasumber yaitu Founder Muslimedika drg. Rizki Winantoro, serta Founder Rumah Sakit Holistic Indonesia dr. Sagiran dan dr. Husen Ahmad.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *