MES Maluku Fasilitasi Pengajuan Sertifikasi Halal Bagi UMK di Ambon

MES Maluku Fasilitasi Pengajuan Sertifikasi Halal Bagi UMK di Ambon

Pengurus Wilayah MES Maluku bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Maluku menyelenggarakan workshop “Fasilitasi Nomor Induk Berusaha dan Sertifikasi Halal UMK Ambon” pada Kamis 20 Januari 2022 bertempat di Aula IAIN Ambon. Workshop ini merupakan dukungan dari MES Maluku dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas UMK di Kota Ambon dan sekitarnya.

Workshop yang diikuti oleh lebih dari 120 peserta yang terdiri dari Mahasiswa, Akademisi, dan pelaku UMK ini merupakan tindak lanjut dari program “Pelatihan Pendampingan Proses Produk Halal UMK” yang dilaksanakan pada 18 Januari dan diikuti oleh 50 mahasiswa dari 3 perguruan tinggi yaitu IAIN Ambon, Universitas Patimurra, dan Universitas Darussalam.

Berita terkait  Ditetapkan, Label Halal Indonesia Berlaku Nasional

(Peserta workshop yang terdiri dari Mahasiswa)

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum MES Maluku Hasbullah Toisuta mengungkapkan bahwa program ini sangat penting dan menjadi bagian dari upaya MES bersama dengan Bank Indonesia dan perguruan tinggi untuk merealisasikan amanah dari UU Jaminan Produk Halal.

Hasbullah juga menekankan pentingnya dilakukan proses pendampingan sertifikasi halal  bagi para pelaku UMK, menurutnya jika hal ini tidak didukung, dikhawatirkan akan menyulitkan para pelaku UMK dalam proses pengajuannya dan bearkibat pada sulitnya bersaing di industri pasar modern. Proses pendampingan ini juga penting dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas UMK.

Sementara itu, Sekretaris I MES Maluku Mar’atun Shalihah, selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa dalam program ini mahasiswa diberikan pembekalan terkait berbagai aspek yang dibutuhkan dalam pengajuan sertifikasi halal. Para mahasiswa ini akan membantu dalam memberikan pendampingan dari mulai proses produksi hingga pada proses pengajuan sertifikat halal.

Berita terkait  Guru Besar Universitas Siliwangi Kembali Pimpin MES Tasikmalaya

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *