Kembangkan Ekosistem Ekonomi Syariah, MES Sumbawa Perkuat Kondosilidasi dan Kerja Sama Antarlembaga

Kembangkan Ekosistem Ekonomi Syariah, MES Sumbawa Perkuat Kondosilidasi dan Kerja Sama Antarlembaga

Ikhtiar membangun ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Kabupaten Sumbawa terus dilakukan oleh Pengurus Daerah MES Sumbawa. Salah satunya dengan menjajaki peluang kerja sama strategis dengan sejumlah lembaga untuk menghadirkan program yang implementatif dan membawa kemanfaatan nyata bagi masyarakat. Baru-baru ini , MES Sumbawa melakukan koordinasi dengan Koperasi Serba Usaha Syariah BMT Insan Samawa, MUI Sumbawa dan BSI Cabang Sumbawa pada Jumat, 14 Januari 2022 di Kantor Cabang BSI Sumbawa.

Hadir dalam forum koordinasi tersebut diantaranya Ketua Umum MES Sumbawa yang juga merupakan Ketua MUI Sumbawa, Syukri Rahmat didampingi Ketua Bidang Kemandirian, Permodalan dan Waqaf MES Sumbawa Rai Saputra, Kepala Cabang Bank Syariah Indonesia (BSI) Sumbawa Dedik Daryono, serta sejumlah perwakilan dari setiap lembaga.

Berita terkait  Menteri Agama Launching Program 10 Juta Produk Bersertifikat Halal

“Gerakan Membangun Ekosistem Ekonomi Syariah” disepakati menjadi agenda besar yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Gerakan ini akan diimplementasikan melalui sejumlah program kerja diantaranya program literasi ekonomi dan keuangan syariah kepada masyarakat Sumbawa, membangun gerakan sadar zakat infaq dan sedekah, serta membangun sinergitas antar lembaga yang fokusterhadap ekonomi syariah.

Syukri Rahmat dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pengembangan ekonomi dan keuangan syariah harus dilakukan secara berjamaah dan tidak parsial. Oleh karena itu dirinya berharap sinergitas dan kolaborasi antar lembaga sangat penting agar prinsip ekonomi dan keuangan syariah dapat hadir secara nyata di tengah masyarakat.

Mendukung pernyataan Syukri, Dedik Daryono juga menyatakan bahwa pihaknya siap untuk melakukan kolaborasi yang berkesinambungan dalam rangka mengembangkan ekonomi syariah di Sumbawa. Terlebih saat ini BSI tengah membangun ekosistem ekonomi syariah dengan melibatkan masjid dan pondok pesantren. Pihaknya menilai kerja sama yang terjalin antara MES Sumbawa, MUI dan BMT Insan Samawa akan semakin mempercepat realisasi pengembangan ekosisem ekonomi syariah di daerah yang dijuluki sebagai “Tanah Intan Bulaeng” ini.

Berita terkait  Wali Nanggroe Aceh dan Gubernur Hadiri Pelantikan MES Aceh

Sementara itu Rai Saputra selaku Ketua Pengurus BMT Insan Samawa merasa optimis bahwa pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Sumbawa akan semakin cepat. Melalui kerja sama seluruh pemangku kepentingan, akan menciptakan sinkronisasi program yang harmonis sehingga praktek ekonomi syariah akan terealisasi secara profesional dan bermanfaat bagi masyarakat.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *