Wakil Walikota Solo: Festival Kuliner Halal Momentum Pulihkan Perekonomian Daerah

Wakil Walikota Solo: Festival Kuliner Halal Momentum Pulihkan Perekonomian Daerah

Grand Final ajang Kompetisi Festival Kuliner Halal Kauman Solo resmi diselenggarakan pada Sabtu, 8 Januari 2022 bertempat di Kooken Cafe & Resto, Kauman, Solo. Diikuti oleh lima menu terbaik dari lima kategori kuliner khas dan tradisional, agenda ini dibuka oleh Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa didampingi oleh Sekretaris VI Pengurus Pusat MES, Ali Masykur Musa dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Surakarta, Nugroho Joko Prastowo.

Dalam sambutannya Teguh menyampaikan bahwa agenda ini merupakan momentum kebangkitan ekonomi daerah di tengah situasi pandemi yang masih melanda Indonesia. Teguh juga menegaskan bahwa Pemkot Solo berkomitmen untuk mendukung penuh serangkaian program kuliner halal karena selaras dengan visi misi Walikota Surakarta. Menurutnya, potensi sektor kuliner dapat menjadi salah satu pendorong kreatifitas dari UMKM yang memiliki banyak variasi kuliner khas dan tradisional yang perlu ditingkatkan mutu dan kualitasnya agar bisa merambah ke pasar yang lebih luas.

Berita terkait  MES dan BPKH Selenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM

Sementara itu mewakili Pengurus Pusat MES, Ali Masykur Musa menyampaikan bahwa agenda ini menjadi istimewa karena dilaksanakan di lokasi yang istimewa, yaitu Kampung Kauman. Menurutnya jika program ini dapat terealisasikan dengan sukses dan memberikan dampak yang positif, dapat menjadi bentuk percontohan bagi daerah lain yang ingin mengembangkan kawasan kuliner halal.

Ali Masykur menambahkan ada tiga aspek yang perlu diperhatikan dalam menjalankan program kuliner halal ini, yaitu aspek syariah, aspek manajerial yang modern dengan dukungan teknologi digital, dan aspek kehalalan produk. Lebih lanjut dirinya menambahkan bahwa MES mengapreasiasi dan berterimakasih atas kepercayaan dari Pemkot Solo, BI Solo dan pemangku kepentingan lainnya untuk ikut berkontribusi dalam program ini.

Berita terkait  MES dan Siberkreasi Ajak Masyarakat Jatim Melek Keamanan Digital

Festival Kuliner Halal Kampung Kauman merupakan ajang kompetisi bagi pelaku usaha kuliner kauman untuk menggali berbagai potensi kuliner khas dan tradisional. Agenda ini merupakan tindak lanjut dari program pelatihan peningkatan capacity building untuk para pelaku UMKM serta menjadi bagian dari program pengembangan kawasan kuliner halal di Kampung Kauman Solo.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *