MES Kota Malang Perkuat Ekonomi Pesantren Melalui Program Pemberdayaan Budidaya Jamur

MES Kota Malang Perkuat Ekonomi Pesantren Melalui Program Pemberdayaan Budidaya Jamur

Pengurus Daerah MES Kota Malang secara aktif terus menginisiasi sejumlah program kerja pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Kota Malang. Setelah sukses menjalankan program pendampingan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM, terbaru MES Kota Malang kembali menginisiasi program pemberdayaan dan penguatan ekonomi pondok pesantren melalui budidaya jamur.

Bersama dengan tim perwakilan dari Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, Ketua Dewan Pembina MES Kota Malang, Muhammad Bisri beserta rombongan pengurus MES Kota Malang lainnya melakukan kunjungan di lokasi budidaya jamur pada Kamis, 6 Januari 2022 di Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Ketua Umum MES Kota Malang, Makhrus Sholeh mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan langkah awal untuk meninjau dan melakukan studi lapangan untuk mematangkan program budidaya jamur yang ditujukan bagi pondok pesantren. Pada tahun 2022, ditargetkan program ini dapat diimplementasikan di 12 pondok pesantren se-Malang Raya dengan pondok pesantren Bahrul Maghfiroh sebagai pilot project program.

Lebih lanjut, Makhrus menambahkan bahwa program ini menjadi aktivitas pemberdayaan dan pendampingan yang dilakukan MES Kota Malang untuk mendorong penguatan kapasitas usaha bagi budidaya jamur. Pihaknya menilai budidaya jamur menjadi salah satu aktivitas pertanian dengan potensi usaha yang sangat besar sebagai pendorong ekonomi daerah. Selain itu, program ini juga untuk mengembangkan ekonomi pesantren melalui penguatan jiwa entrepreneurship para santri. 

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *