MES Kendal Tingkatkan Inklusi Keuangan Syariah Lewat Sarasehan Jurnalis

MES Kendal Tingkatkan Inklusi Keuangan Syariah Lewat Sarasehan Jurnalis

Pengurus Daerah MES Kendal menyelenggarakan kegiatan sarasehan jurnalistik pada Minggu, 2 Januari 2022 bertempat di Pondok Pesantren Wasilatul Huda, Tamangede, Kendal. Mengusung tema “Pengembangan Sikap Kritis dan Kreatif dalam Jurnalistik”, agenda ini dihadiri oleh segenap jajaran pengurus MES Kendal, kalangan jurnalis daerah dan para aktifis pers mahasiswa yang berasal dari wilayah Kendal dan sekitarnya.

Ketua Umum MES Kendal, Irkham Fukhuludin dalam sambutannya mengatakan bahwa agenda ini sebagai bagian dari sarana untuk merealisasikan tujuan MES yaitu mengedukasi masyarakat dan mendorong pengembangan ekonomi syariah. Seperti diketahui bahwa literasi terkait ekonomi syariah di lingkungan masyarakat masih tergolong rendah. Salah satu indikasinya dapat dilihat dari masih banyaknya para lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang belum familiar dengan Program Studi Ekonomi Syariah/ Hukum Ekonomi Syariah yang ada di Perguruan Tinggi.

Dirinya berharap, agenda ini dapat mewadahi terbentuknya inisiator baik dalam bentuk departemen maupun unit yang berkaitan dengan jurnalistik untuk menampung minat menulis khususnya terkait perilaku dan fenomena ekonomi syariah di masyarakat.

Senada dengan Irkham, Koordinator Penulis MES Kendal, Lailatus Syarifah juga menilai perlu adanya agenda sarasehan jurnalis ini sebagai wadah yang inklusif bagi masyarakat dalam menyalurkan bakat dan minat di bidang kepenulisan terutama aktivitas jurnalistik.

Dalam kegiatan tersebut hadir menjadi narasumber yaitu Akademisi Universitas Negeri Semarang yang juga selaku Dewan Pakar MES Kendal, Ubaidul Musthofa. Dalam penyampaiannya Ubaid menerangkan pentingnya aktivitas jurnalistik dalam pengembangan ekonomi syariah daerah di lingkungan masyarakat. Selain itu dirinya menerangkan bahwa aktivitas jurnalistik yang dilakukan secara massif juga dapat menguatkan branding dan eksistensi organisasi MES Kendal.

Penulis: Ahmad Syaifudin

Editor: Muhamad Iqbal haqiqi

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *