Kembangkan UMKM dan Industri Kreatif, MES Pekalongan Jalin Kerja sama dengan ACO Malaysia

Kembangkan UMKM dan Industri Kreatif, MES Pekalongan Jalin Kerja sama dengan ACO Malaysia

Pengurus Daerah MES Pekalongan menjalin kerja sama dengan Asean Co-Operative Organization (ACO) Malaysia untuk mendorong penguatan UMKM dan industri kreatif melalui program kolaborasi antara Indonesia dengan Malaysia, secara khusus dengan Pekalongan. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara keduanya pada Kamis, 11 November 2021 bertempat di ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Walikota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid, Ketua MES Pekalongan, H Achmad Su’ud serta perwakilan institusi keuangan dan perguruan tinggi. Sementara dari pihak ACO Malaysia diwakilkan oleh Faizul Dato Hanapi beserta CEO Travel All Malaysia, Ade Azri Reza, dan Manager Easy Umrah Tanur Muthmainnah, Ferry.

Walikota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid mendukung serta menyambut baik inisiatif dari MES Pekalongan. Kerja sama ini menurutnya dapat menjadi peluang bagi UMKM dan industri kreatif lainnya di Pekalongan untuk lebih berkembang. Pihaknya berharap langkah ini dapat membangkitkan kembali perekonomian Pekalongan pasca pandemi Covid-19.

Berita terkait  MES Kalteng Gelar Pembekalan Bertahap bagi Calon Pengurus

Lebih lanjut Afzan menegaskan bahwa kedepannya Pemerintah Kota Pekalongan akan terus bersinergi dengan MES Pekalongan melalui kemitraan yang proporsional dan berkelanjutan. Menurutnya MES Pekalongan menjadi asosiasi ekonomi syariah yang senantiasa kreatif dan inovatif untuk menguatkan peran dan eksistensi UMKM di Pekalongan.

Selain dengan MES Pekalongan, ACO Malaysia juga menjalin kerja sama dengan tujuh institusi lainnya, di antaranya Baitut Tamwil Muhammadiyah, PPNP Jawa Tengah, Batik Pesisir serta perguruan tinggi di Kota/ Kabupaten Pekalongan.

Sementara itu, Ketua I MES Pekalongan, Rinda Asytuti dalam keterangan terpisah menjelaskan bahwa, ACO Malaysia sendiri serupa dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang keberadaannya di bawah koordinasi Perdana Menteri Malaysia. Kerja sama ini diawali dengan adanya pertemuan antara Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yakoob dengan Presiden Jokowi di Jakarta, Rabu 9 November 2021 lalu.

Berita terkait  Resmi Dilantik, MES Pekalongan Siap Kolaborasi Pulihkan Ekonomi Daerah

Melihat kesempatan tersebut, oleh MES Pekalongan dengan didukung Walikota Pekalongan berinisiatif mengundang rombongan dari Malaysia untuk datang ke Pekalongan dan hadir dalam agenda konferensi yang dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman. Rinda menambahkan bahwa inisiatif ini menjadi wujud dari peran MES Pekalongan untuk menguatkan kontribusi UMKM dan industri kreatif  dalam rangka pemulihan ekonomi daerah.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *