Ijtima’ Dewan Pakar MES Bahas Tujuh Rekomendasi Konstruktif dalam Mengembangkan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia

Ijtima’ Dewan Pakar MES Bahas Tujuh Rekomendasi Konstruktif dalam Mengembangkan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia

Dewan Pakar Pengurus Pusat MES menyelenggarakan rapat pleno tahunan bertajuk Ijtima’ Dewan Pakar pada Sabtu, 23 Oktober 2021 secara virtual. Forum ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Road to ISEF 2021 dan merupakan inisiatif Dewan Pakar MES untuk menjalankan fungsinya dalam berkontribusi melalui gagasan yang konstruktif atas usaha pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir memberikan arahan sekaligus membuka forum Ijtima’, Gubernur Bank Indonesia; Perry Warjiyo selaku Ketua Dewan Pakar PP MES. Dalam arahannya Perry mendorong agar forum Ijtima ini menghasilkan rekomendasi yang dapat bermanfaat bagi umat`

Pada pelaksanaanya, forum ini membahas 7 (tujuh) usulan Dewan Pakar yang masing-masing disampaikan oleh 7 Ketua working group. Ketua working grup ini terdiri Prof. Dr. Euis Amalia yang menyampaikan terkait Ekosistem Jaminan Produk Halal, Dr. Ir. H. Iwan P. Pontjowinoto menjelaskan pegembangan Integrasi Ekosistem Usaha Syariah, Dr. H. Sapta Nirwandar memaparkan Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Modest Fashion – Beauty Business, Mulya Effendi Siregar menjelaskan Inovasi Produk, Pendalaman Pasar, dan Pengembangan Infrastruktur Sistem Keuangan, Prof. Dian Masyita menjelaskan Keuangan Inklusif, Dana Sosial Keagamaan, dan Keuangan Mikro Syariah, Prof. Dr. Raditya Sukmana menyampaikan Optimalisasi program Indonesia Sharia Economic Forum (ISEF) dan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar), serta Dr. Aries Muftie memaparkan terkait Pendidikan dan Riset Ekonomi dan Bisnis Islam.

Berita terkait  Bupati Lombok Utara Komitmen Kembangkan Program Ekonomi Berbasis Masjid

Setiap Ketua Working Group dalam rapat Ijtima’ tersebut memaparkan beberapa isu sekaligus poin-poin rekomendasi perihal 7 tema pokok yang menjadi pembasahan utama. Seluruh isu dan rekomendasi yang disampaikan telah dibahas sebelumnya dalam working group yang dibentuk sebelum pelaksanaan rapat pleno Ijtima’ dilakukan.

Forum Ijtima’ Dewan Pakar dilanjutkan dengan penyampaian pandangan Perry Warjiyo menyampaikan bahwa sektor food dan fashion halal perlu dijadikan salah satu prioritas pengembangan. Menurutnya kedua sektor itu dapat dikembangkan secara end to end terhadap produk-produk yang dihasilkan. Selain itu, Perry juga menegaskan pentingnya pembangunan treding company berskala nasional dan pelayanan perbankan yang tergitialisasi.

Forum Ijtima’ kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kesepakatan resolusi Ijtima’ yang akan disampaikan dalam Silaturrahim Kerja Nasional (Silaknas) pada 29 Oktober 2021 mendatang.

Berita terkait  Resmi Dilantik, Walikota Harap MES Sabang Jadi Motor Penggerak Kemajuan UMKM di Sabang

Forum ditutup dengan pemaparan pandangan oleh Sekretaris Jendral PP MES; Iggi Haruman Achsien. Dirinya memaparkan bahwa sebagai badan pelaksana harian PP MES, pihaknya berterima kasih dan mengapresiasi inisiatif segenap dewan pakar dalam menghadirkan forum Muhadatsah dan Ijtima’ yang memberikann rekomendasi konstruktif terhadap pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Ijtima Dewan Pakar PP MES ini menjadi forum tahunan yang membahas secara khusus sejumlah usulan yang diperoleh melalui pembahasan yang elaboratif dan komprehensif sehingga menghasilkan rekomendasi dan masukan dari Dewan Pakar MES untuk penguatan Strategic Business Plan dan Quick Wins Program dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *