MES Kalteng Luncurkan “Warung Berkah Seribu Rupiah”

Pengurus Wilayah MES Kalimantan Tengah melaksanakan program kajian ekonomi dan keuangan Syariah ”Coffee Morning” pada Sabtu, 11 September 2021 secara hybrid di halaman Masjid Raya Darussalam, Palangka Raya. Gelaran perdana program ini membahas seputar akselerasi dan penguatan sertifikasi halal UMKM di Kalimantan Tengah.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kalteng; Chairuddin Halim yang hadir membuka acara menyampaikan mengenai urgensi dari sertifikasi produk halal bagi UMKM. Dirinya memaparkan bahwa saat ini banyak negara telah menjadikan sertifikasi halal sebagai syarat dan standar untuk melakukan aktivitas ekspor.

Oleh karena itu, Ketua Dewan Pembina PW MES Kalteng ini meminta agar semua pihak turut serta berkontribusi dalam mendorong proses sertifikasi halal bagi UMKM lokal di wilayah Kalteng.

Berita terkait  Perkuat Modal UMKM, MES Jakbar Sosialisasikan SCF

Sementara itu, Ketua Umum PW MES Kalteng, Fahrizal Fithri dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa coffee morning merupakan program kajian yang dirancang untuk merumuskan solusi atas isu-isu yang berkembang di masyarakat melalui pendekatan sistem ekonomi dan keuangan Syariah. Dalam konteks pengembangan produk halal UMKM, Fithri mengajak semua pihak untuk terus bersama-sama membantu UMKM agar mendapatkan sertifikasi produk halal.

Dalam gelaran perdananya, program coffee morning menghadirkan sejumlah narasumber yaitu; Ketua Satgas Sehati Kementerian Agama Wilayah Kalteng; Fahrudin, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng yang juga sebagai Dewan Pakar MES Kalteng;  Aster Bonawaty, Ketua II PW MES Kalteng; Sabian Utsman, serta owner Berkat Uhat Kayu; Heni Wijiastuti yang produk olahannya telah mendapatkan sertifikasi halal.

Berita terkait  PJ Bupati Barito Selatan Harap MES Barito Selatan Jadi Penggerak Penguatan Literasi Ekonomi Syariah Daerah

Program yang diikuti secara antusias oleh berbagai pelaku UMKM lokal ini ditutup dengan peluncuran “Warung Berkah Seribu Rupiah” yang menjadi program sosial MES Kalteng dan akan dilakukan setiap hari Jumat dengan melibatkan UMKM yang menghasilkan olahan makanan halal di Kalteng.

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *