Wapres Ma’ruf Amin: Generasi Muda Punya Peran Strategis Tingkatkan Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah

Wapres Ma’ruf Amin: Generasi Muda Punya Peran Strategis Tingkatkan Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah

Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (Fossei) menyelenggarakan Webinar International pada Senin, 26 Juli 2021 dengan tema “Increasing Islamic Financial Literacy As an Effort to Accelerate the Propagation of an Inclusive Indonesian Islamic Economic” yang menjadi bagian dari rangkain Temu Ilmiah Nasional (Temilnas) XX.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir menyampaikan opening remarks Wakil Presiden RI yang juga Ketua Dewan Pembina PP MES, K.H Ma’ruf Amin serta keynote speech dari Sekretaris Jendral PP MES, Iggi Haruman Achsien.

K.H Ma’ruf Amin dalam opening remarks-nya menjelaskan bahwa saat ini pemerintah terus melakukan berbagai upaya pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Hal ini sebagai ikhtiar untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan tersebut adalah dengan meningkatkan pemahaman mengenai ekonomi dan keuangan syariah, sehingga semakin diterima baik oleh masyarakat.

Berita terkait  Program “Mawar Emas” MES NTB ke-10 Fokus Berdayakan Para Nelayan

Oleh karena itu, menurut K.H Maruf Amin, generasi muda memegang peran penting dalam peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Dirinya berharap, sebagai komunitas kepemudaan, FoSSEI dapat berkontribusi lebih besar lagi terhadap pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, khususnya dengan potensi sebagai wadah berhimpunnya 247 Kelompok Studi Ekonomi Islam di 14 regional, dengan kurang lebih 20.000 kader yang tersebar di sektor industri, pemerintahan, atau filantropi.

Sementara itu, Sekretaris Jendral PP MES, Iggi H Achsien dalam pidato kuncinya mendorong agar generasi muda lebih berperan dalam penguatan literasi keuangan syariah. Dirinya menyebutkan bahwa indeks literasi keuangan syariah masih sangat rendah yaitu di angka 16,2 persen. Hal itu dibuktikan dengan masih banyak dari masyarakat yang menggunakan produk dan jasa keuangan syariah namun belum diimbangi dengan pengetahuan yang mendalam terkait produk dan jasa keuangan syariah yang digunakan .Kondisi tersebut cukup memprihatinkan dan menjadi tanggung jawab semua pihak.

Berita terkait  Berdayakan Pengusaha Muda, MES Pakistan Adakan Kunjungan ke Pinehill Private Limited

Iggi menambahkan, MES dalam merespon kondisi tersebut telah dan secara konsisten akan terus menyelenggarakan secara masif program literasi berupa roadshow keuangan syariah, baik di dalam negeri maupun luar negeri melalui jaringan MES yang pada tahun ini telah menambah diasporanya di berbagai negara, di antaranya di Sudan, Maroko, Singapura, Korea Selatan, dan Rusia.

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *