Festival Gerbang Halal Fokuskan Rantai Nilai Halal sebagai Akselerator Pemulihan Ekonomi Daerah

Festival Gerbang Halal Fokuskan Rantai Nilai Halal sebagai Akselerator Pemulihan Ekonomi Daerah

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Balikpapan bekerja sama dengan Pengurus Daerah MES Balikpapan menyelenggarakan Festival Gerbang Halal secara virtual Pada Sabtu, 17 Juli 2021, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Road to Festival Ekonomi Syariah 2021 dengan mengusung tema “𝘉𝘦𝘳𝘴𝘪𝘯𝘦𝘳𝘨𝘪 𝘔𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘬𝘶𝘢𝘵 𝘏𝘢𝘭𝘢𝘭 𝘝𝘢𝘭𝘶𝘦 𝘊𝘩𝘢𝘪𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘗𝘦𝘳𝘤𝘦𝘱𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘗𝘦𝘮𝘶𝘭𝘪𝘩𝘢𝘯 𝘌𝘬𝘰𝘯𝘰𝘮𝘪 𝘋𝘢𝘦𝘳𝘢𝘩”.

Wali Kota Balikpapan yang juga Ketua Umum MES Balikpapan, Rahmad Mas’ud yang membuka secara langsung acara tersebut menyampaikan bahwa rantai nilai halal menjadi ekosistem yang perlu dibangun secara komprehesif, terutama pada penguatan sektor kuliner halal, fashion halal, dan pariwisata halal agar bisa menjadi akselerator pemulihan ekonomi Kota Balikpapan.

Dirinya juga mengungkapkan selain ekosistem rantai nilai halal, strategi penguatan keuangan sosial juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Untuk itu, MES Balikpapan bersama Bank Indonesia dan Bank Wakaf Indonesia setempat melaunching Gerakan Wadah Beriman yang merupakan akronim dari Gerakan Berwakaf dan Bersedekah untuk Balikpapan Bersih, Indah, Aman, dan Nyaman.

Berita terkait  Muswil MES Banten Tetapkan Dirut PT Krakatau Daya Energi sebagai Ketua Umum

Sementara itu, Kepala KPwBI Balikpapan, Sri Darmaadi Sudibyo menjelaskan bahwa Festival Gerbang Halal 2021 merupakan puncak rangkaian kegiatan Road to Festival Ekonomi Syariah (FESyar), oleh karena itu pihaknya merangkul semua entitas dalam ekosistem ekonomi syariah untuk berperan dalam acara tersebut.

Dalam pelaksanaanya, acara Festival Gerbang Halal berisi delapan kegiatan utama, yaitu penyediaan platform “Gerbang Halal” dalam website gerbangumkmborneo.com, launching Gerakan Wadah Beriman, promosi destinasi wisata halal, muslim fashion show, penyerahan simbolis sertifikasi halal bagi UMKM, penyerahan bantuan sosial Bank Indonesia, business matching, dan talk show keuangan sosial syariah.

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *