MES Sulsel Gelar FGD Bahas Prospek Konversi Bank Syariah di Sulawesi Selatan

MES Sulsel Gelar FGD Bahas Prospek Konversi Bank Syariah di Sulawesi Selatan

Pengurus Wilayah MES Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pada Kamis, 24 Juni 2021 di Hotel Claro, Makassar dengan mengangkat tema “Prospektif Peluang dan Tantangan Konversi Perbankan Konvensional ke Syariah di Sulawesi Selatan”.

Sekretaris Umum PW MES Sulsel, Mashur Razak, menyampaikan bahwa FGD tersebut dilakukan untuk menghimpun gagasan dan masukan dari berbagai pemangku kepentingan di Sulawesi Selatan terkait proses konversi bank konvensional menjadi bank syariah.

Menurutnya banyak pihak yang ingin memberikan kontribusi gagasan untuk mengelaborasi peluang dan tantangan yang dihadapi Bank dalam proses konversinya menjadi bank Syriah. Oleh karena itu, sebagai komunitas ekonomi syariah yang inklusif, PW MES Sulsel merasa perlu untuk menjadi fasilitator dalam menghimpun berbagai gagasan tersebut.
Lebih lanjut, Razak menjelaskan jika dalam gelaran FGD tersebut, para peserta forum telah menyepakati beberapa rekomendasi awal yang akan diajukan kepada stakeholder terkait. Pihaknya berharap rekomendasi dari FGD yang digagas oleh PW MES Sulsel dapat ditindak lanjuti oleh para pemangku kepentingan di sektor perbankan.

Berita terkait  Indonesia Menjadi Negara Asia Pertama Sebagai Tuan Rumah Gelaran GTF

FGD yang dihadiri oleh lebih dari 100 peserta, terdiri dari pengurus internal PW MES Sulsel serta beberapa organisasi profesi dan keagamaan ini menghasilkan tiga rekomendasi utama, yaitu, melakukan indepth input untuk memperoleh analisis awal bersama stakeholder terkait, melakukan analisis lanjutan dari hasil indepth input awal untuk menghasilkan rekomendasi dalam proses konversi bank konvensional menjadi syariah, serta memberikan rekomendasi hasil FGD kepada stakeholder terkait dalam hal ini pihak perbankan.

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *