MES dan Empat Program Unggulan Erick Thohir

MES dan Empat Program Unggulan Erick Thohir

Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Pusat hasil Musyawarah Nasional 23 Januari 2021, nama-namanya sudah beredar di media sosial. Ada 8 orang Dewan Pembina, 8 Dewan Pakar, 9 Dewan Penggerak, 6 Dewan Penyantun, 27 Badan Pengurus Harian ditembah 4 Koordinator Wilayah Indonesia Barat, Indonesia Tengah, Indonesia Timur, dan Luar Negeri. Saya yang kebetulan diamanati menjadi Koordinator Wilayah Indonesia Tengah, ikut mendapatkan banyak tahniah dan doa dari teman-teman dan sahabat-sahabat yang memiliki konsern pada pengembangan MES di Indonesia.

Saya memahami, banyaknya tahniah dan doa dari sahabat-sahabat dan teman-teman, adalah bagian dari komitmen, support, dan dukungan mereka terhadap pengembangan ekonomi Syariah di Indonesia. Karena harus jujur diakui, memajukan ekonomi Syariah di Indonesia yang meskipun mayoritas penduduknya beragama Islam, rintisan yang diawali dari Baitul Mal wat Tamwil (BMT) dan pendirian Bank Muamalat Indonesia (BMI) tahun 1990-an, yang hingga kini berjalan tiga decade, namun masih cukup berat tantangannya.

Salah satu tantangan besarnya adalah, bahwa pangsa pasar atau market share dari keuangan syariah terdadap sistem keuangan di Indonesia per April 2020 mencapai 9,03 persen. Apabila dirinci, aset keuangan syariah terbesar berasal dari pasar modal syariah yang memiliki nilai sebesar Rp851,72 triliun (financial.bisnis.com, 2l7l2020). Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), “Market share keuangan syariah masih kecil hanya 9,64% dari total industri keuangan nasional per Juni 2020, di mana market share sektor perbankan syariah berkontribusi sebesar 6,18%. Market share pasar modal syariah telah mencapai 17,72% dan diikuti sektor industri keuangan non-bank syariah sebesar 4,4%,” ujarnya pada webinar (ekbis.sindonews.com, 17/9/2020).

Berita terkait  Muhadatsah Dewan Pakar MES kelima Bahas Penguatan Integrasi Ekosistem Sektor Modest Fashion Muslim Indonesia

Sementara itu, Literasi keuangan syariah naik sedikit pada 2019 dari 8,1 persen jadi 8,93 persen, artinya hanya 9 orang yang well literated dengan keuangan syariah, konvensional capai 38 persen, kata Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat Rabu (16/9/2020). KNEKS terus melakukan kompetisi brand ekonomi Syariah. Harapannya, bisa meningkatkan literasi menjadi 25 persen pada 2021 dan 50 persen pada 2024 (financial.bisnis.com, 2l7l2020).

Ada empat program unggulan yang disiapkan oleh Ketua Umum MES baru, Bang Erick Thohir, yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengembangkan dan memajukan ekonomi Syariah di Indonesia. Pertama, mengembangkan pasar industri halal di dalam dan di luar negeri. Kedua, mengembangkan industri keuangan Syariah. Ketiga, investasi yang bersahabat yang melibatkan pengusaha daerah. Keempat, pengembangan ekonomi Syariah di pedesaan secara berkelanjutan.

Berita terkait  Selenggarakan Peringatan Hari Santri, MES Luncurkan Logo Baru

Bang Erick Thohir didampingi Sekjen Mas Iggi H. Achsien berkomitmen “agar MES dapat banyak berperan dalam penguatan sektor riil. MES akan berikhtiar untuk berkontribusi pada pengembangan ekonomi keumatan, kerakyatan, dan kebangsaan” (bisnis.com, 31/1/2021).

Oleh Ahmad Rofiq

Artikel ini tayang pertama kali di Jatengdaily 02/02/2021, dengan judul “MES dan Empat Program Unggulan Erick Thohir” Direpublikasi di sini dengan seizin Penulis untuk tujuan pendidikan

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *