Dalam rangka meningkatkan kontribusi ekonomi syariah di Kota Balikpapan, Pengurus Daerah MES Balikpapan bekerja sama dengan Kantor Pewakilan Bank Indonesia Balikpapan Kembali menyelenggarakan Festival Balikpapan Go Halal pada Senin, 27 November 2021 bertempat di Balikpapan Islamic Centre (BIC).

Acara dibuka oleh Walikota Balikpapan yang juga merupakan Ketua Umum MES Balikpapan, Rahmad Mas’ud dan dihadiri sejumlah tokoh diantaranya Sekretaris III PP MES, Moch. Buchori Muslim, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Sri Darmadi Sudibyo, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, Johan Marpaung, Ketua Badan Wakaf Indonesia Kota Balikpapan, Subari, serta para akademisi, praktisi dan masyarakat umum.

Rahmad Mas’ud dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan bersama MES Balikpapan dan didukung dengan Bank Indonesia telah berkomitmen bersama untuk mewujudkan Balikpapan sebagai “Wadah Beriman” yaitu ber-Wakaf dan Sedekah secara Bersih, Indah, Aman.

Walikota Mas’ud berkomitmen untuk memasifkan aktivitas filantropis seperti sedekah di lingkungan instansi pemerintahan. Kedepannya aktivitas ini diharapkan dapat menjadi ikhtiar bersama dalam mendorong semangat berbagi di Kota Balikpapan.

Sementara itu, Sri Darmadi Sudibyo dalam sambutannya memaparkan bahwa Bank Indonesia telah menyusun cetak biru pengembangan ekonomi syariah sebagai bentuk komitmennya untuk secara konsisten mendukung ekonomi syariah. Pihaknya menilai, ekonomi syariah dalam hal ini industri halal telah menunjukkan perannya sebagai salah satu sektor yang dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi daerah.

Festival Go Halal Tahun 2021 merupakan kegiatan tahunan MES Balikpapan untuk memperkuat sinergi dan memberikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah berkontribusi dalam pengembangan ekonomi Syariah dan pemulihan ekonomi daerah.

Dalam acara ini terdapat beberapa agenda penting, diantaranya peresmian program QRIS 500 masjid, peresmian program wakaf corner dengan memanfaatkan fasilitas QRIS untuk pengumpulan dana wakaf yang digunakan untuk pemulihan UMKM di masa pandemi, penyerahan sertifikasi destinasi wisata halal gratis, serta pemberian penghargaan kepada instansi dan tokoh yang berkontribusi bagi perekonomian daerah.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *