Pengurus Wilayah Khusus MES Arab Saudi periode 1443-1446 H resmi dilantik pada Senin, 18 Oktober 2021 secara hybrid di Gedung Yandu KJRI Jeddah. Hadir melantik mewakili Pengurus Pusat MES adalah Iggi Haruman Achsien selaku Sekretaris Jendral dan juga turut hadir memberikan sambutan, Wakil Ketua Dewan Pembina MES Arab Saudi; Eko Hartono.

Iggi dalam kesempatan tersebut menyampaikan perihal pentingnya peran dari MES di tingkat wilayah khusus, dalam merealisasikan berbagai program nasional yang telah dirumuskan. Dirinya menambahkan dibutuhkan dukungan, sinergi dan integrasi dari seluruh tingkatan jaringan Pengurus MES, baik wilayah khusus, wilayah provinsi maupun daerah agar berbagai program yang dirumuskan bisa efektif dan bermanfaat bagi umat.

Sementara itu, Eko Hartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu  tantangan bagi MES Arab Saudi Adalah perihal strategi dalam memberikan literasi masyarakat tentang pentingnya nilai-nilai yang terdapat dalam system ekonomi dan keuangan syariah, serta menekankan pentingnya menjaga ritmen dan keberlanjutan dari setiap program yang dirumuskan.

Adapun Ketua Umum MES Arab Saudi; Endang Jumali yang merupakan Konsul Haji KJRI Jeddah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Arab Saudi adalah salah satu kiblat dari peradaban Islam dengan sumber daya alam yang memiliki potensi yang besar.

Oleh karena itu, pihaknya akan mengupayakan beragam program yang mengarah pada sektor rill, di antaranya melalui pengembangan laboratorium bisnis, menghadirkan forum investasi antara pelaku usaha Indonesia dengan Arab Saudi, serta menjalin sinergi dan komunikasi dengan instansi-instansi di Arab Saudi sehingga dapat menghasilkan program kerja yang implikatif bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Acara pelantikan ini juga dirangkai dengan peluncuran buku terjemahan “Kaidah Akad dalam Prespektif Fikih dan dihadiri oleh sejumlah tokoh, kalangan profesional, akademisi, pengusaha, organisasi keagamaan dan sosial, organisasi profesi, serta sejumlah perwakilan dari Pengurus Wilayah MES di Indonesia.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *