Paviliun Indonesia digelaran Internasional Expo 2020 Dubai resmi dibuka mulai 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022. Membawa tema Creating the Future, From Indonesia to The World, Paviliun Indonesia hadir mempresentasikan potensi, serta mempromosikan inovasi dan kemajuan Indonesia melalui beragam tema mingguan dan juga beragam forum bisnis. Tercatat sudah lebih dari 50.000 orang yang berkunjung selama dua pekan terakhir.

Dalam pavilion tersebut, lebih dari 300 produk UMKM siap ekspor dipromosikan dan lebih dari 75 forum bisnis terlibat dalam serangkaian kegiatan sosialisasi. MES sebagai organisasi asosiasi ekonomi syariah menjadi salah satu yang ikut dilibatkan dalam pegelaran expo terbesar di dunia ini.

Pada sesi business forum dan one on one meeting dengan tema “the Opportunity of Collaboration” Minggu, 24 Oktober 2021 yang difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian, Pengurus Pusat MES yag diwakili oleh Komite Ekspor Halal; Amalia Jayanti Abdullah hadir memaparkan sejumlah upaya yang telah dan akan dilakukan oleh pemerintah Indonesia bersama dengan pemangku kepentingan lainnya, salah satunya bersama MES dalam menguatkan rantai nilai halal di Indonesia.

Beberapa hal yang tengah dilakukan saat ini antara lain yaitu mengembangkan Kawasan industri halal dan halal hub di lingkup regional, mempercepat akselerasi sertifikasi halal bagi pelaku usaha kecil, mengampanyekan halal lifestye secaya masif kepada masyarakat, menguatkan sektor investasi pasar modal dengan menghadirkan sejumlah indeks saham syariah, serta gencar melakukan kolaborasi perdagangan internasional.

Di akhir pemaparannya, Amalia juga menegaskan bahwa sebagai organisasi ekonomi syariah, MES senantiasa berkomitmen untuk secara konsisten mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, baik secara nasional maupun internasional.

Dubai expo 2020 adalah sebuah pameran internasional selama 6 bulan yang menyajikan dan mempromosikan pencapaian negara-negara dunia yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab. Agenda ini semula dijadwalkan pada 20 Oktober 2020 – 10 April 2021. Namun, karena pandemi Covid-19, pelaksanaanya ditunda dan baru dimulai pada 1 Oktober 2021 – 31 Maret 2022.

Dubai Expo 2020 ini menjadi peluang promosi strategis untuk membangun brand image Indonesia di mata dunia dan diharapkan dapat membuka jaringan yang bersifat jangka panjang ke semenanjung Arab, Asia Timur dan Selatan, serta Afrika.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *