Dalam rangka mendorong penguatan pemberdayaan ekonomi umat berbasis pondok pesantren, Pengurus Daerah MES Sumbawa memfasilitasi kerja sama transaksi komoditas antara BMT Insan Samawa dan Koperasi pondok pesantren (Kopontren) Al Kahfi pada Selasa 31 Agustus 2021 di pondok pesantren Al Kahfi, Sumbawa.

Bentuk transaksi dalam kemitran tersebut dilakukan dengan saling menyuplai komoditas unggulan yang dihasilkan oleh masing-masing anggota, baik anggota dari BMT Insan Samawa maupun anggota Kopontren Al Kahfi. Dalam transaksi perdana ini BMT Insan Samawa menyuplai beras untuk anggota Kopontren Al Kahfi dan Kopontren Al kahfi menyuplai telur ayam bagi anggota BMT Insan Samawa yang memiliki toko di Sumbawa.

Ketua Umum MES Sumbawa; Syukri Rahmat dalam keterangan terpisah menyampaikan bahwa untuk mewujudkan ekonomi syariah dibutuhkan keterlibatan dari berbagai pihak terutama lembaga keuangan mikro syariah. Secara parsial semua keterlibatan pihak-pihak terkait perlu diarahkan pada program yang produktif.

Syukri menambahkan bahwa program ini menjadi salah satu kontribusi dari MES Sumbawa sebagai asosiasi ekonomi syariah yang berorientasi pada penguatan ekonomi keumatan terutama kemandirian pondok pesantren.

Dalam keterangan yang sama, Ketua Bidang Kemandirian dan Permodalan Pengurus Daaerah MES Sumbawa; Rai Saputra selaku pelaksana teknis program tersebut memaparkan bahwa sebagai fasilitator antara BMT Insan Samawa dan Kopontren Al Kahfi, MES Sumbawa memiliki peran untuk memastikan skema transaksi yang dilakukan dapat berimplikasi positif dan berkelanjutan.

Pihaknya menilai, jika program ini dapat terus dilakukan secara konsisten, maka akan menguatkan eksistensi komoditas yang dihasilkan oleh masyarakat Sumbawa terutama pada produk yang dihasilkan oleh pondok pesantren.

Sementara itu, mewakili Kopontren Al Kahfi; Ingam mengapresiasi dan mendukung penuh program ini. Menurutnya program ini akan menstimulus lahirnya kemandirian ekonomi karena setiap kebutuhan dari anggota BMT Insan Samawa dan Kopontren Al Kahfi dapat terpenuhi melalui skema kolaboratif yang terjalin atas inisiasi dari MES Sumbawa.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *