Dalam rangka menguatkan peran zakat dan wakaf dalam pemberdayaan ekonomi umat, Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah Pekanbaru menggelar webinar nasional pada Rabu, 25 Agustus 2021 dengan tema “Mewujudkan Amil Zakat dan Nazhir Wakaf Profesional Berkualitas Dunia”. Acara tersebut sebagai bagian dari ikhtiar MES Pekanbaru untuk mendorong peran sektor zakat dan wakaf melalui penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Walikota Pekanbaru, Firdaus yang hadir membuka acara tersebut mengapresiasi upaya yang telah dan akan terus dilakukan MES dalam mendorong penguatan SDM di sektor keuangan sosial sebagai sarana untuk membangkitkan potensi ekonomi syariah di masa pandemi. Firdaus menambahkan bahwa ekonomi nasional bisa bangkit dengan memaksimalkan UMKM melalui optimalisasi berbagai potensi produk halal daerah dan menerapkan prinsip keuangan syariah.

Lebih lanjut, Firdaus mengungkapkan rasa syukurnya karena Kota Pekanbaru telah dipilih menjadi lokasi untuk pengembangan Kawasan Industri Tenayan yang diproyeksikan bisa menjadi pusat industri halal di Kota Pekanbaru.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Daerah MES Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengatakan bahwa MES senantiasa mendukung dan siap berkolaborasi dengan pemerintah Kota Pekanbaru dalam rangka mengoptimalkan potensi wakaf dan zakat. Selain itu pihaknya juga mendukung pengembangan ekonomi syariah di Kawasan Industri Tenayan (KIT).

Webinar yang dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari para amil dan nazhir ini akan dilanjutkan dengan program pelatihan berupa “Sekolah Profesional Amil Zakat dan Nazhir Wakaf Tingkat Dasar” yang akan dilakukan sebanyak 16x pertemuan. Diharapkan, melalui rangkaian program tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi para amil dan nazhir yang ada di Kota Pekanbaru.

Kategori: Berita MES

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *