Pengurus Wilayah MES Aceh melaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil) pada Rabu, 25 Agustus 2021 secara hybrid di Grand Arabia Hotel, Banda Aceh. Dalam Muswil tersebut, Wali Kota Banda Aceh; Aminullah Usman kembali dipercaya menjadi Ketua Umum Pengurus Wilayah MES Aceh didampingi oleh Sugito sebagai Sekretaris Umum untuk periode 1443-1446 H.

Hadir membuka acara secara virtual mewakili Ketua Umum Pengurus Pusat MES yaitu Ketua III, Firdaus Djaelani. Dalam penyampaiannya Firdaus berharap kehadiran MES bisa berdampak positif pada penerapan ekonomi syariah di Provinsi Aceh.

Sementara itu, ketua umum terpilih, Aminullah Usman dalam sambutannya menegaskan dan mengajak keterlibatan seluruh masyarakat Aceh untuk berperan aktif bersama MES dalam mendorong penerapan ekonomi syariah. Salah satunya dengan mendukung Qanun Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

Kepala Biro Ekonomi Setda Aceh, Amiruddin yang hadir mewakili Gubernur Aceh dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Aceh menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang menerapkan single banking system dengan sistem syariah dalam menjalankan ekonomi perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Hal ini merupakan komitmen dalam menerapkan prinsip syariat Islam secara menyeluruh, termasuk dalam praktik keuangan.

Lebih lanjut, Amiruddin menambahkan bahwa pemerintah provinsi Aceh berharap dan membutuhkan kontribusi dari MES Aceh dan pihak terkait lainnya, untuk mengambil peran, baik dalam memajukan ekonomi syariah daerah, maupun dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional.

Sebagai rangkaian kegiatan Muswil, MES Aceh juga menyelenggarakan webinar dengan tema “Peran Strategis Qanun LKS dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah Nasional”.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *