Pengurus Wilayah Khusus MES Korea Selatan mengadakan pertemuan dengan KBRI Seoul dan BNI Seoul pada Rabu, 30 Juni 2021 bertempat di kantor Kedutaan Republik Indonesia di Seoul. Pertemuan tersebut merupakan kali pertama pasca disahkannya Pengurus Wilayah Khusus MES Korea Selatan pada 24 Juni 2021 lalu dan menjadi langkah awal bagi MES Korea Selatan dalam membangun komunikasi dan sinergi dengan diaspora Indonesia yang ada di Seoul.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum dan sekretaris Umum PWK MES Korea Selatan, Mohammad Musafak dan Rusdi Syamsudin, Minister Councellor for Investment and Trade KBRI Seoul, Ani Nigeriawati, dan General Manager BNI Seoul, Anisfu Zahri Husin.

Mohammad Musafak menjelaskan bahwa pertemuan antara MES Korea Selatan dengan KBRI Seoul dan BNI Seoul dalam rangka membahas rencana program kerja di awal kepengurusan yang akan difokuskan pada pengembangan dan optimalisasi potensi moeslem-friendly tourism di Korea Selatan.

Musafak menambahkan bahwa MES Korea Selatan memiliki misi untuk ikut berkontribusi membangun bangsa dengan berpartisipasi aktif dalam menggali potensi industri halal luar negeri, dalam hal ini potensi  halal food dan halal tourism di Korea Selatan.

Dalam kesempatan yang sama, Ani Nigeriawati mengatakan bahwa KBRI Seoul menyambut baik dan siap bersinergi dengan MES Korea Selatan untuk mendorong terciptanya kemudahan bagi produk UMKM Indonesia untuk memasuki pasar Korea Selatan. Ani menambahkan bahwa kebutuhan produk-produk halal di Korea Selatan saat ini semakin meningkat seiring dengan jumlah populasi muslim di Korea yang semakin bertambah. Pihaknya berharap, KBRI Seoul dan MES Korea Selatan bisa saling bersinergi mendukung pemerintah termasuk dalam upaya pemulihan ekonomi Indonesia di masa pandemi.

Sementara itu, mewakili BNI Seoul, Anisfu Zahri Husin menjelaskan, sebagai satu-satunya Bank dari Indonesia yang ada Korea Selatan, pihaknya siap bekerja sama dengan MES Korea Selatan dalam menjalankan program kerja yang telah dicanangkan. Anisfu juga berjanji akan menyampaikan perihal terbentuknya kepengurusan MES Korea Selatan ini ke perwakilan Bank Indonesia yang ada di Tokyo dimana Korea Selatan termasuk salah satu kewenangan dan wilayah kerja Bank Indonesia di Tokyo.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *